Wah, Taiwan Yakin Latihan Perang China sebagai Persiapan untuk Menyerang

Anton Suhartono · Selasa, 09 Agustus 2022 - 17:05:00 WIB
Wah, Taiwan Yakin Latihan Perang China sebagai Persiapan untuk Menyerang
Joseph Wu menyebut China melakukan latihan perang di sekitar Taiwan sebagai persiapan untuk menyerang (Foto: Reuters)

TAIPEI, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Taiwan Joseph Wu menyebut China memanfaatkan latihan perang sebagai persiapan untuk menginvasi wilayahnya. China menggelar latihan perang terbesar di sekitar Taiwan sejak pekan lalu sebagai protes atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi.

Wu tidak menyebutkan kapan kemungkinan China melakukan invasi ke Taiwan. Namun dia menegaskan Taiwan tidak akan terintimidasi, bahkan sekalipun China melanjutkan latihan perang di sekitar wilayahnya termasuk melanggar garis tengah di Selat Taiwan.

"China memanfaatkan latihan tersebut dalam buku pedoman militer untuk mempersiapkan invasi ke Taiwan," kata Wu, dikutip dari Reuters, Selasa (9/8/2022).

“(China) Menggelar latihan militer skala besar dengan peluncuran rudal, serangan siber, disinformasi, dan paksaan ekonomi, dalam upaya melemahkan moral publik di Taiwan," ujarnya, melanjutkan.

Menurut Wu, setelah latihan perang berakhir, China mungkin akan menggelarnya kembali secara rutin dalam upaya merusak status quo di Selat Taiwan.

Langkah seperti itu, lanjut dia, bisa mengganggu keamanan di kawasan serta menunjukkan secara gamblang ambisi geostrategis China di luar Taiwan.

Dia mendesak dukungan internasional lebih besar untuk menghentikan ambisi mengendalikan Selat Taiwan.

Pernyataan Wu ini berbeda dengan pandangan seorang pejabat Departemen Pertahanan AS (Pentagon). Dia yakin China tak akan menyerang Taiwan setidaknya untuk 2 tahun mendatang.

Sebelumnya Presiden Joe Biden juga mengatakan, militer China tak akan melakukan lebih dari sekadar latihan perang di sekitar Taiwan. Namun dia memberikan perhatian serius terkait latihan yang melibatkan rudal-rudal itu.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda