Wah! Turki Pertimbangkan Beli Jet Tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia, jika Gagal Dapat F-16 dari AS

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 24 September 2022 - 16:44:00 WIB
Wah! Turki Pertimbangkan Beli Jet Tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia, jika Gagal Dapat F-16 dari AS
Jet tempur Sukhoi Su-35 buatan Rusia (ilustrasi). (Foto: Ist.)

ANKARA, iNews.idTurki bisa jadi mempertimbangkan untuk membeli jet tempur Sukhoi Su-35 buatan Rusia, jika Ankara gagal meraih kesepakatan akuisisi pesawat tempur F-16 dengan AS. Hal itu diungkapkan Presiden Badan Industri Pertahanan Turki (SSB), Ismail Demir, akhir pekan ini.

“Salah satu varian (jet tempur yang akan kami beli) bisa jadi Su-35,” kata Demir kepada CNN Turk, saat ditanya tentang alternatif Turki jika kesepakatan F-16 gagal.

Amerika Serikat sebelumnya mengirim pemberitahuan resmi ke Turki bahwa mereka telah memutuskan untuk mengeluarkan Ankara dari program pengadaan jet tempur F-35 yang mengusung teknologi mutakhr. Keputusan itu diambil Washington DC gara-gara Turki membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia.

Dengan dibatalkannya memorandum tentang pengadaan F-35 dengan Turki, AS kini melanjutkan proyek itu dengan tujuh mitranya yang lain, yaitu Inggris, Italia, Belanda, Australia, Denmark, Kanada, dan Norwegia. 

Pascapembatalan proyek F-35 dengan Turki, AS kemudian menawarkan Ankara agar membeli pesawat tempur lain, yakni generasi keempat F-16. Namun, sampai hari ini, tawaran tersebut masih belum jelas juga ujungnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda