Wakil Menhan Jepang Sebut Taiwan Negara, China: Sangat Jahat dan Berbahaya!

Anton Suhartono ยท Selasa, 29 Juni 2021 - 16:23:00 WIB
Wakil Menhan Jepang Sebut Taiwan Negara, China: Sangat Jahat dan Berbahaya!
Wang Wenbin (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - China marah terkait pernyataan Wakil Menteri Pertahanan Jepang Yasuhide Nakayama yang menyebut Taiwan sebagai negara. China mengklaim Taiwan masih bagian dari kedaulatan wilayahnya.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China menyatakan, penyebutan Taiwan sebagai 'negara' merupakan kesalahan dan pelanggaran serius.

"Kami menyesalkan pernyataan yang keliru oleh pejabat senior pemerintah Jepang dan kami telah mengirim perwakilan serius," kata Juru Bicara Kemlu China, Wang Wenbin, dikutip dari Reuters, Selasa (29/6/2021).

"Ini sangat jahat, berbahaya, dan tidak bertanggung jawab. Politikus ini juga secara terbuka menyebut Taiwan sebagai negara yang merupakan pelanggaran serius terhadap pernyataan bersama China-Jepang," kata Wang, melanjutkan.

Dia mendesak pemerintah Jepang memberikan klarifikasi dan serta pernyataan seperti itu tidak terulang kembali.

Berbicara kepada lembaga think tank Hudson Institute pada Senin (28/6/2021), Nakayama memperingatkan soal meningkatnya ancaman China dan Rusia. 

Nakayama juga mempertanyakan apakah keputusan banyak negara, termasuk Jepang dan Amerika Serikat, untuk mengikuti kebijakan 'satu China' yakni pengakuan Beijing atas Taipei sejak 1970-an akan bertahan melawan waktu.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: