Wali Kota dan Ekstremis Yahudi di Israel Rebut Lahan Sekolah Islam

Anton Suhartono ยท Jumat, 11 Juni 2021 - 21:22:00 WIB
Wali Kota dan Ekstremis Yahudi di Israel Rebut Lahan Sekolah Islam
Polisi Israel bentrok dengan warga di Yerusalem terkait dengan kehadiran politikus Yahudi (Foto: Reuters)

TEL AVIV, iNews.id - Sebuah sekolah dasar Islam di Kota Lod, Israel, yang dikelola keturunan Arab, digeruduk wali kota dan anggota kelompok nasionalis Yahudi 'Inti Taurat'. Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (10/6/2021).

Wali Kota Lod Yair Revivo bersama anggota Inti Taurat mendatangi SD Al Razi untuk menyita lahan yang digunakan sebagai taman bermain untuk dijadikan sekolah Yahudi.

Aksi wali kota dan anggota organisasi dilakukan di bawah pengawalan penuh kepolisian Israel.

Warga Arab di Lod mengatakan, pemerintah kota baru-baru ini memutuskan untuk menyita halaman SD untuk dibangun perguruan tinggi militer Yahudi.

Penggerudukan ini terjadi setelah sejumlah aktivis Arab dan warga Lod menanam pohon di pekarangan tersebut.

"Kami terkejut saat polisi tiba di sekolah, ditemani wali kota dan ekstremis Inti Taurat. Kejadian ini membuat kami dan para siswa tidak nyaman, yang telah hidup dalam ketakutan akibat peristiwa baru-baru ini," kata seorang guru, kepada Arab48, merujuk pada serangan dan penggerebekan polisi terhadap rumah warga Arab bulan lalu.

"Pemerintah kota ingin menyita halaman sekolah untuk dijadikan sekolah Yahudi, tapi orangtua dan aktivis segera melindunginya," ujarnya menambahkan.

Inti Taurat dikenal dekat dengan Revivo, kelompok bagian dari Partai Likud yang dipimpin Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Revivo menghasut kebencian terhadap warga Arab di Israel serta mengusulkan kebijakan diskriminatif.

Editor : Anton Suhartono