Wali Kota Perempuan Pertama Bogota Kolombia Nikahi Pasangan Sesama Jenis

Anton Suhartono ยท Selasa, 17 Desember 2019 - 19:14 WIB
Wali Kota Perempuan Pertama Bogota Kolombia Nikahi Pasangan Sesama Jenis

Claudia Lopez (Foto: AFP)

BOGOTA, iNews.id - Claudia Lopez, perempuan pertama yang akan dilantik menjadi wali kota Bogota, ibu kota Kolombia, menikahi kekasihnya sesama jenis, Senin (16/12/2019).

Claudia diketahui sudah menjalin hubungan dengan pasangan lesbiannya yang juga senator oposisi, Angelica Lopez, sejak 3 tahun lalu.

"Saya berjanji akan menghormatimu dan mencintaimu seumur hidup!" kata Lopez, ditujukan untuk Angelica, di akun Instagram, seperti dilaporkan kembali AFP, Selasa (17/12/2019).

"Terima kasih untuk kebersamaan di tahun yang luar biasa ini, saya mendapatkan gelar doktor, memenangkan jabatan wali kota dan menikah kekasih hidupku."

Pesan itu disertai empat foto pasangan tersebut mengenakan pakaian putih dan membawa karangan bunga. Upacara pernikahan digelar hanya untuk orang dekat dan tidak terbuka untuk pers.

Claudia memenangkan pemilihan wali kota di daerah berpenduduk 7,2 juta jiwa itu pada Oktober 2019 atas rivalnya, Carlos Fernando Galan. Namun mantan senator itu baru akan dilantik pada 1 Januari 2020.

Meski Kolombia merupakan negara religius dan konservatif, pernikahan sesama jenis masih dibolehkan oleh undang-undang (UU), termasuk pasangan gay.

Pasangan lesbian dan gay juga punya hak mengadopsi anak.Mereka juga bisa menjadi orangtua kandung melalui proses bayi tabung dengan menggunakan sperma pria lain atau bagi pasangan gay dengan menggunakan rahim perempuan lain.


Editor : Anton Suhartono