Walt Disney Tutup 60 Toko Ritel di Amerika, Ini Alasannya

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 04 Maret 2021 - 09:31:00 WIB
Walt Disney Tutup 60 Toko Ritel di Amerika, Ini Alasannya
Pengunjung sedang berbelanja di toko Disney di New York, AS, pada 2017. (Foto: Reuters)

LOS ANGELES, iNews.idWalt Disney Co akan menutup setidaknya 60 toko ritel Disney di Amerika Utara tahun ini. Jumlah tersebut mencapai sekitar 20 persen dari total toko ritel yang dimiliki perusahaan itu di seluruh dunia. 

Penutupan puluhan toko itu lantaran Disney ingin merombak platform belanja digitalnya agar berfokus pada pasar online atau e-commerce. Perusahaan media dan hiburan itu juga sedang mengevaluasi pengurangan toko yang signifikan di Eropa, kata seorang juru bicaranya. 

Akan tetapi, toko-toko yang berada di Jepang dan China tidak akan terpengaruh kebijakan itu. Walt Disney Co saat ini mengoperasikan sekitar 300 toko Disney di seluruh dunia.

Pihak perusahaan tidak menjelaskan secara perinci berapa banyak orang yang akan kehilangan pekerjaan akibat penutupan toko tersebut.

Konsumen telah beralih ke belanja digital daripada lokasi fisik. Sebelum Disney, jaringan toko di Amerika seperti Walmart Inc dan Macy's Inc sudah lebih dulu menutup toko fisik mereka. Pandemi global virus corona mempercepat perubahan itu, ketika orang-orang terpaksa untuk tetap tinggal di rumah.

“Sementara perilaku konsumen telah bergeser ke arah belanja online, pandemi global telah mengubah harapan konsumen dari pengecer,” kata Presiden Produk Konsumen, Permainan, dan Penerbitan Disney, Stephanie Young, dikutip Reuters, Kamis (4/3/2021).

Selama beberapa tahun terakhir, Disney telah memperluas jaringan tokonya di dalam pengecer-pengecer lain seperti Target di Amerika Serikat dan toko Alshaya Group di Timur Tengah. Bisnis di lokasi tersebut akan tetap beroperasi, seperti halnya toko yang ada di dalam taman-taman hiburan Disney. Produk berlisensi Disney juga akan tetap tersedia secara luas melalui pengecer pihak ketiga.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2