Wapres China Wang Qishan Akan Hadiri Pelantikan Jokowi

Anton Suhartono, Antara ยท Selasa, 15 Oktober 2019 - 12:59 WIB
Wapres China Wang Qishan Akan Hadiri Pelantikan Jokowi

Wang Qishan (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden China Wang Qishan masuk dalam jajaran para pejabat asing yang akan menghadiri pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wapres pada 20 Oktober 2019.

Dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri China disebutkan, Wang diutus oleh Presiden Xi Jinping terbang ke Jakarta untuk memenuhi undangan.

"Atas undangan Pemerintah Indonesia, Wakil Presiden Wang Qishan akan menjadi utusan khusus Presiden Xi untuk menghadiri acara pelantikan Presiden Joko Widodo di Jakarta pada 20 Oktober," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, Selasa (15/10/2019).

Dari Jakarta, Wang akan terbang ke Tokyo, Jepang, untuk menghadiri penobatan Kaisar Naruhito yang berlangsung pada Selasa (22/10/2019).

Mantan Wali Kota Beijing itu tidak asing dengan Indonesia karena sudah pernah mengunjungi Jakarta. Di sela Konferensi Tingkat Tinggi Forum Prakarsa Sabuk Jalan (BRF) di Beijing pada April 2019, Wang juga menerima kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Tiga bulan kemudian, Wapres Wang juga menerima kunjungan mantan presiden Megawati Soekarnoputri di Beijing.

Sementara itu pelantikan Jokowi-Ma'ruf akan berlangsung di Gedung DPR/MPR pukul 14.00 WIB.

Beberapa pejabat asing yang sudah mengonfirmasi kehadirannya adalan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Sejak pelantikan presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2004 yang dihadiri PM John Howard saat itu, perdana menteri Australia tak pernah absen untuk hadir dalam acara kenegaraan tersebut.

Australia tak pernah absen dalam menghadiri pelantikan presiden RI. Pada 2009, Kevin Rudd datang ke Jakarta untuk menyaksikan pelantikan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dan pada 2014, Tony Abbott menghadiri pelantikan Jokowi.

Editor : Anton Suhartono