Warga China Antre Berjam-jam untuk Tes Covid, setelah Kasus Omicron Ditemukan di Beijing

Antara ยท Minggu, 16 Januari 2022 - 17:44:00 WIB
Warga China Antre Berjam-jam untuk Tes Covid, setelah Kasus Omicron Ditemukan di Beijing
Warga China mengantre untuk mendapatkan tes Covid di Stadion Nasional Beijing, Minggu (16/1/2022). (Foto:

BEIJING, iNews.id – Warga China harus mengantre berjam-jam untuk menjalani tes Covid di Beijing, Minggu (6/1/2022). Kondisi tersebut menyusul temuan kasus pertama infeksi varian omicron di ibu kota negeri tirai bambu itu.

China pada Minggu ini melaporkan tambahan 65 kasus penularan lokal Covid-19. Di antaranya termasuk kasus pertama varian omicron di Beijing, hanya beberapa pekan sebelum liburan Tahun Baru Imlek pada 1 Februari dan pembukaan Olimpiade Musim Dingin pada 4 Februari nanti.

Jumlah itu turun jika dibandingkan dengan 104 kasus baru pada sehari sebelumnya. Wabah di Kota Xian, yang terletak di barat laut China, telah mereda setelah pemerintah setempat memberlakukan lockdown alias penguncian secara ketat.

Kendati demikian, kasus varian omicron yang sangat menular telah terdeteksi di sedikitnya lima provinsi dan kota China. Hal itu mendorong beberapa kota menerapkan pembatasan untuk menghentikan penyebaran virus dan mengancam pertumbuhan ekonomi.

Pada Sabtu (15/1/2022), Ibu Kota Beijing melaporkan kasus pertama varian omicron pada seseorang yang telah mengunjungi beberapa mal dan restoran dalam 14 hari terakhir. Orang tersebut belum meninggalkan kota sejak awal tahun.

China belum melaporkan secara pasti jumlah kasus omicron yang sudah terdeteksi di negara itu.

Sekitar 13.000 orang telah menjalani tes Covid-19 di Distrik Haidian, tempat kasus tersebut ditemukan. Namun sampai sejauh ini belum ada hasil yang menunjukkan positif, menurut koran Beijing Daily, mengutip data resmi pada Minggu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: