WHO: Dunia dalam Fase Baru Pandemi Covid-19 dan Berbahaya

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 20 Juni 2020 - 11:38 WIB
WHO: Dunia dalam Fase Baru Pandemi Covid-19 dan Berbahaya

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: AFP)

JENEWA, iNews.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan adanya fase baru dan berbahaya pada pandemi virus corona. Peringatan itu muncul ketika kejadian infeksi Covid-19 terus melonjak di Benua Amerika, dengan Brasil mencatatkan lebih dari 1 juta kasus per Jumat (19/6/2020).

Selain Brasil, catatan infeksi di Kolombia dan Meksiko juga memperilhatkan wajah suram, karena jumlah kematian akibat Covid-19 di masing-masing negara mencapai 2.000 jiwa dan 20.000 jiwa. Kondisi ini menunjukkan bagaimana virus terus membinasakan Benua Amerika dan beberapa kawasan di Asia, bahkan ketika Eropa mulai melonggarkan berbagai kebijakan pembatasannya.

Langkah-langkah yang diberlakukan untuk menghentikan penyebaran penyakit telah menyebabkan kerusakan dan kelumpuhan ekonomi. Akan tetapi, WHO kembali memperingatkan agar semua pemerintah tidak menyerah pada kelelahan saat menjalankan kebijakan isolasi tersebut.

“Dunia berada dalam fase baru dan berbahaya. Banyak orang bosan berada di rumah terus-menerus, dan ini dapat dipahami. Akan tetapi virus ini masih menyebar dengan cepat,” ungkap Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam konferensi pers virtual akhir pekan ini seperti dikutip AFP.

Virus corona sampai sekarang telah membunuh lebih dari 458.000 jiwa dan menginfeksi 8,6 juta orang di seluruh dunia. Para ilmuwan dari berbagai penjuru dunia pun tengah berlomba-lomba mengembangkan vaksin corona yang dapat dipakai seluruh umat manusia.

Brasil membuat sejarah suram dengan menorehkan catatan satu juta kasus infeksi virus corona (Covid-19) pada Jumat (19/6/2020). Tak hanya itu, negara itu juga melaporkan rekor baru lonjakan harian kasus infeksi di saat pandemi terus melonjak di Amerika Latin.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Brasil mengumumkan, mereka mencatat 54.771 infeksi baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Ini adalah jumlah kasus harian terbesar yang dikonfirmasi Brasil sejauh ini.

Editor : Ahmad Islamy Jamil