Infeksi Covid-19 di Brasil Tembus 1 Juta Kasus, Rekor Lonjakan 54.771 Kasus Sehari

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 20 Juni 2020 - 07:14:00 WIB
Infeksi Covid-19 di Brasil Tembus 1 Juta Kasus, Rekor Lonjakan 54.771 Kasus Sehari
Petugas dengan mengenakan APD menguburkan jenazah pasien Covid-19 di Brasil. (Foto: AFP)

BRASILIA, iNews.idBrasil membuat sejarah suram dengan menorehkan catatan satu juta kasus infeksi virus corona (Covid-19) pada Jumat (19/6/2020). Tak hanya itu, negara itu juga melaporkan rekor baru lonjakan harian kasus infeksi di saat pandemi terus melonjak di Amerika Latin.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Brasil mengumumkan, mereka mencatat 54.771 infeksi baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Ini adalah jumlah kasus harian terbesar yang dikonfirmasi Brasil sejauh ini. Menurut Kemenkes, lonjakan tersebut sebagian besar disebabkan oleh ketidakstabilan dalam sistem pelaporan selama sepekan terakhir. Dengan kata lain, ada beberapa negara bagian di Brasil melaporkan kasus yang terjadi dalam beberapa hari sekaligus.

Dengan adanya tambahan itu, total kejadian infeksi Covid-19 di Brasil kini menjadi 1.032.913 kasus, dengan total kasus kematian 48.954 jiwa. Baik kasus infeksi maupun kasus kematian akibat wabah corona di Brasil berada di urutan kedua terbanyak di dunia, setelah Amerika Serikat.

Para ahli mengatakan, jumlah kasus infeksi sebenarnya di negeri samba mungkin jauh lebih tinggi. Meski terlihat suram, kurva infeksi Covid-19 di Brasil kini akhirnya menunjukkan tanda-tanda mendatar.

Akan tetapi negara berpenduduk 212 juta jiwa itu telah muncul sebagai salah satu titik pandemi paling mengkhawatirkan saat ini. Selama tiga pekan terakhir atau sejak awal Juni ini, Brasil telah mencatatkan jumlah kejadian infeksi dan kematian paling tinggi di antara negara-negara mana pun di dunia, yakni masing-masing lebih dari 518.000 dan 19.000 kasus—menurut perhitungan AFP berdasarkan sumber-sumber data resmi.

Brasil juga mencatatkan jumlah pasien corona yang meninggal dunia di atas 1.000 jiwa per hari selama empat hari terakhir.

Penanganan wabah Covid-19 di Brasil menjadi amburadul lantaran pertempuran politik di antara para pejabat pemerintah negara. Presiden Jair Bolsonaro menganggap remeh virus itu, membandingkannya dengan flu biasa. Keangkuhan dan sikap keras kepala Bolsonaro membuatnya harus kehilangan menteri kesehatan dua kali hanya dalam tempo kurang dari sebulan.

Bolsonaro juga mengutuk kebijakan negara-negara bagian di Brasil membatasi pergerakan orang dan menutup tempat-tempat bisnis. Dia pun berkeras agar warga negaranya segera kembali bekerja untuk menghentikan kehancuran ekonomi raksasa di Amerika Selatan yang berpenduduk 210 juta orang itu.


Editor : Ahmad Islamy Jamil