WHO Hentikan Uji Coba Obat Hidroksiklorokuin untuk Pasien Covid-19 terkait Efek Samping

Anton Suhartono ยท Selasa, 26 Mei 2020 - 05:28 WIB
WHO Hentikan Uji Coba Obat Hidroksiklorokuin untuk Pasien Covid-19 terkait Efek Samping

WHO hentikan sementara penggunaan hidroksiklorokuin (Foto: AFP)

JENEWA, iNews.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghentikan sementara uji klinis terhadap hidroksiklorokuin untuk digunakan sebagai obat virus corona.

Banyak negara menggunakan obat radang sendi ini sebagai tindakan pencegahan maupun perawatan pasien Covid-19.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, penggunaan obat pada pasien Covid-19 dapat meningkatkan peluang untuk meninggal.

Menuru Tedros, kelompok yang disebut Solidarity Trial, terdiri dari ratusan rumah sakit rujukan virus corona di beberapa negara telah mendaftarkan pasien mereka untuk diuji mengunakan hidroksiklorokuin.

"Kelompok eksekuif telah menerapkan penangguhan sementara uji coba hidroksiklorokuin dalam Solidarity Trial, sementara data keselamatan sedang dievaluasi oleh Dewan Pemantau Keamanan Data," kata Tedros, dikutip dari AFP, Selasa (26/5/2020).

Hidroksiklorokuin dan klorokuin menyita perhatian dunia karena dianggap mujarab menyembuhkan dan mencegah infeksi virus corona. Presiden AS Donald Trump menggunakan hidroksiklorokuin dan mendesak otoritas untuk menggunakannya secara luas.

Namun studi yang diterbutkan The Lancet mengungkap, penggunaan hidroksikolorokuin dan klorokuin dapat menghasilkan efek samping serius, terutama gangguan denyut jantung.

Meski demikian, ketua tim ilmuwan WHO, Soumya Swaminathan, mengatakan Solidarity Trial yang didukung WHO hanya melihat efek hidroksiklorokuin, bukan klorokuin.

Dia menegaskan penghentian uji coba ini hanya sementara sebagai bagian kehati-hatian.

Editor : Anton Suhartono