WHO: Laju Kematian akibat Covid-19 Melambat di Banyak Wilayah, kecuali Asia Tenggara

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 25 Agustus 2020 - 20:05:00 WIB
WHO: Laju Kematian akibat Covid-19 Melambat di Banyak Wilayah, kecuali Asia Tenggara
Ilustrasi kematian akibat wabah Covid-19. (Foto: iNews/Dok.)

JENEWA, iNews.id – Pandemi virus corona sampai hari ini masih berkecamuk di seluruh dunia. Akan tetapi, data terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan laju virus itu menurun di sebagian besar wilayah dunia.

Perlambatan terbesar wabah itu terutama terlihat di Amerika Serikat—negara yang terdampak paling parah oleh Covid-19.

Lebih dari 1,7 juta kasus infeksi Covid-19 dan sekitar 39.000 kematian baru tercatat pekan lalu, ungkap WHO dalam laporan situasi yang diterbitkan Senin (24/8/2020) malam waktu Jenewa, Swiss.

Lonjakan kasus secara global dalam tujuh hari, yakni dari 17-23 Agustus lalu, memperlihatkan penurunan lima persen. Sementara, jumlah kasus kematian baru dalam periode yang sama juga menunjukkan penurunan 12 persen, dibandingkan dengan seminggu sebelumnya.

Meskipun terjadi perlambatan, jumlah kasus-kasus baru yang muncul beberapa pekan ini telah membuat total kasus infeksi di seluruh dunia menjadi lebih dari 23 juta kasus, sejak dimulainya pandemi Covid-19, beberapa bulan lalu. Sementara, ada lebih dari 800.000 kematian akibat wabah virus corona sejauh ini.

“Dengan pengecualian Asia Tenggara dan Mediterania Timur, semua wilayah mengalami penurunan jumlah kasus baru,” ungkap WHO dalam pernyataan yang dikutip AFP.

Benua Amerika tetap menjadi kawasan yang paling terpukul oleh pandemi Covid-19. Pada minggu lalu saja, separuh dari semua kasus baru yang dikonfirmasi serta 62 persen kematian secara global berasal dari Amerika.

Kendati demikian, kawasan itu juga mengalami perlambatan terbesar untuk laju penularan virusnya. Jumlah kasus baru Covid-19 di Amerika menurun 11 persen dan kematian barunya turun 17 persen dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Sementara itu, WHO memperingatkan, beberapa negara dan wilayah di Karibia telah melaporkan peningkatan kasus Covid-19 yang besar. Badan PBB itu menduga, fenomena ini dapat dikaitkan dengan pertumbuhan pariwisata di wilayah tersebut.

Sementara, kawasan Asia Tenggara menyumbang 28 persen dari semua kasus infeksi baru dan 19 persen dari semua kematian baru akibat Covid-19 yang dilaporkan secara global minggu lalu. Dua kategori tersebut membengkak empat persen dibandingkan dengan minggu sebelumnya, data menunjukkan.

India melaporkan 455.000 kasus baru virus corona sepanjang minggu lalu, sehingga total kejadian infeksi Covid-19 di sana menjadi lebih dari 3 juta kasus. Adapun pasien Covid-19 yang meninggal di India pada minggu lalu saja menembus 6.700 jiwa, sehingga totalnya kini menjadi lebih dari 56.700 jiwa.

Di wilayah Mediterania Timur, jumlah kasus juga terus meningkat minggu lalu, naik empat persen dari minggu sebelumnya. Akan tetapi, jumlah kematian baru di wilayah tersebut menurun selama enam minggu berturut-turut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil