WHO Teliti Vaksin Covid-19 Pfizer untuk Penggunaan Darurat

Anton Suhartono ยท Kamis, 03 Desember 2020 - 09:05:00 WIB
WHO Teliti Vaksin Covid-19 Pfizer untuk Penggunaan Darurat
WHO teliti vaksin Covid-19 Pfizer untuk dmasukkan ke daftar penggunaan darurat (Foto: AFP)

JENEWA, iNews.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meneliti vaksin Covid-19 hasil kolaborasi perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS) Pfizer dan institut Jerman, BioNTech.

Badan kesehatan PBB itu telah menerima data dari Pfizer dan BioNTech dan sedang memeriksanya sehingga bisa dimasukkan ke daftar produk untuk penggunaan darurat.

Izin ini akan menjadi patokan bagi negara-negara untuk mengesahkan penggunaan vaksin Pfizer.

Inggris menjadi negara pertama di dunia yang mengizinkan penggunaan vaksin Pfizer. WHO juga berdiskusi dengan otoritas Inggris, Badan Regulasi Produk Obat dan Kesehatan (MHRA), terkait peninjauan vaksin tersebut.

"WHO juga sedang berdiskusi dengan MHRA tentang kemungkinan mengakses beberapa informasi penilaian mereka yang dapat mempercepat daftar darurat WHO," bunyi pernyataan MHRA, dikutip dari Reuters, Kamis (3/12/2020).

Inggris menyusul AS dan negara Eropa lainnya menjadi yang pertama melakukan vaksinasi massal Covid-19. Untuk tahap awal ini, otoritas memilih kelompok rentan seperti tenaga medis dan orang lanjut usia.

Kepala kedaruratan WHO Mike Ryan menyambut baik kabar tersebut.

"Kita tidak boleh berhenti, kita membutuhkan lebih dari tiga sampai empat vaksin," ujarnya.

Menurut dia, kapasitas produksi harus ditingkatkan sehingga harga bisa ditekan. Ini untuk lebih menjamin satu orang bisa mendapatkan satu dosis.

"Kita butuh satu dosin vaksin," katanya.

Editor : Anton Suhartono