WHO: Varian Omicron Memang Sangat Menular, tapi Tak Perlu Panik!

Ahmad Islamy Jamil · Jumat, 03 Desember 2021 - 20:25:00 WIB
WHO: Varian Omicron Memang Sangat Menular, tapi Tak Perlu Panik!
Logo WHO (ilustrasi). (Foto: Reuters)

JENEWA, iNews.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Covid varian omicron memang sangat menular. Akan tetapi, masyarakat tak perlu panik akan hal itu.

Kepala ilmuwan WHO, Soumya Swaminathan mengatakan, respons yang tepat dilakukan masyarakat dunia adalah selalu bersiap, berhati-hati, dan tidak panik setiap menghadapi varian baru virus corona.

“Seberapa khawatir? Kita harus siap dan hati-hati, tidak panik, karena kita berada dalam situasi yang berbeda dengan tahun lalu,” kata Swaminathan saat wawancara pada konferensi Reuters Next, Jumat (3/12/2021).

Dia menuturkan, kemunculan varian baru Covid-19 itu adalah sesuatu hal yang tidak diinginkan. Namun, dunia kini jauh lebih siap mengingat pengembangan vaksin yang telah berlangsung sejak awal pandemi.

Varian omicron pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pada bulan lalu. Sampai hari ini, masih banyak informasi perinci yang belum diketahui tentang varian baru itu.

Per hari ini, strain Covid itu setidaknya telah masuk ke 24 negara. Sementara pada saat yang sama, beberapa kawasan Eropa masih bergulat dengan gelombang infeksi varian delta.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda