Wow! 2 Pasang Kacamata dari Abad Ke-19 Ini Ditaksir Bernilai Rp50 Miliar

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 26 Oktober 2021 - 14:58:00 WIB
Wow! 2 Pasang Kacamata dari Abad Ke-19 Ini Ditaksir Bernilai Rp50 Miliar
Dua kacamata antik dari era Mughal India, Gate of Paradise dan Halo of Light, ditaksir berharga Rp50 miliar. (Foto: Sotheby's)

LONDON, iNews.id – Dua pasang kacamata dari Abad ke-19 yang berhiaskan berlian dan lensa zamrud diperkirakan terjual hingga 3,5 juta dolar AS (sekitar Rp50 miliar) saat dilelang di London, Inggris, Rabu (27/10/2021) besok. Rumah lelang Sotheby’s mengungkapkan, kacamata tersebut dipesan oleh seorang pangeran Mughal India, yang namanya tidak diketahui.

Kacamata pertama diberi nama Gate of Paradise, menampilkan lensa zamrud yang dipasang dalam bingkai berlian. Sementara, kacamata kedua, dijuliki Halo of Light, memiliki lensa berlian yang dipasang dalam bingkai yang juga bertatahkan berlian.

Lensa tersebut dikatakan berasal dari Abad ke-17, sedangkan bingkainya berasal dari Abad ke-19.

“Ada begitu banyak cerita di balik kedua pasang kacamata ini. Zamrudnya  didatangkan jauh-jauh dari Kolombia pada abad ke-17 melalui kapal dagang Portugis ke Kesultanan Mughal. Orang Mughal sangat menyukai batu permata,” kata spesialis seni Dunia Islam di rumah lelang Sotheby's, Ms Alexandra Roy, kepada Reuters, Senin (25/10/2021).

“Berlian itu berasal dari tambang Golconda (di India). Di Istana Mughal, ia dibelah dari batu yang awalnya akan memiliki berat dua hingga tiga ratus karat. Berlian-berlian itu lalu dibuat ulang dengan gaya kacamata Abad ke-19 seperti yang tampak sekarang ini,” ujarnya.

Kedua pasang kacamata itu sedang ditawarkan dalam penjualan benda-benda seni Dunia Islam dan India di Sotheby's pada Rabu besok, dengan perkiraan harga 1,5 juta hingga 2,5 juta poundsterling.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda