Wow, Lebih dari 1.000 Orang Ajukan Diri sebagai Calon Independen di Pilpres AS 2020

Arif Budiwinarto ยท Minggu, 11 Oktober 2020 - 11:05:00 WIB
Wow, Lebih dari 1.000 Orang Ajukan Diri sebagai Calon Independen di Pilpres AS 2020
Lambang Kepresidenan Amerika Serikat (POTUS). (foto: ist)

WASHINGTON, iNews.id - Donald Trump dan Joe Biden bertarung dalam Pilpres AS 2020 pada November mendatang. Fakta lainya, terdapat lebih dari 1.000 calon independen yang pernah mendaftar sebagai calon presiden AS.

Trump merupakan calon petahan dari Partai Republik tengah berjuang kembali menduduki jabatan Presiden Amerika Serikat untuk periode kedua. Pria 74 tahun kini tercatat sebagai presiden ke-45 Amerika Serikat.

Sedangkan Biden yang merupakan calon presiden dari Partai Demokrat pernah menjabat posisi wakil presiden di masa pemerintahan Barack Obama.

Keduanya telah menjalani debat pertama capres pada September lalu. Hasil jajak pendapat pascadebat untuk sementara mengunggulkan Biden atas Trump.

Sepanjang 230 tahun sejarah pemilihan presiden Amerika Serikat, hanya George Washington yang pernah terpilih sebagai orang nomor satu AS dari jalur independen.

Menganut asas demokrasi, Amerika Serikat memberikan kebebasan kepada warganya untuk mencalonkan diri sebagai presiden melalui jalur independen. Dikutip dari BBC, Minggu (11/10/2020), sampai tanggal 9 Oktober kemarin tercatat 1.216 kandidat dengan berbagai tingkat keseriusan telah mengajukan persyaratan ke Komisi Pemilihan Presiden sebagai capres mandiri.

Masing-masing calon independen memiliki sikap serta ide yang mereka ingin wujudkan melalui jalur independen.

Jade Simmons, seorang calon presiden AS dari jalur independen, mengatakan tujuannya adalah untuk menciptakan akses yang sama melalui reformasi ekonomi, pendidikan, peradilan pidana.

Jade Simmons, salah satu kandidat independen Pilpres AS 2020. (foto: BBC)
Jade Simmons, salah satu kandidat independen Pilpres AS 2020. (foto: BBC)

Selain itu, menurutnya calon independen bisa memberikan warna baru dalam sejarah kampanye presiden AS dengan biaya paling murah.

Editor : Arif Budiwinarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: