Xi Jinping Peringatkan Joe Biden Tak Main Api soal Taiwan, Begini Tanggapan Rusia

Anton Suhartono ยท Jumat, 29 Juli 2022 - 18:46:00 WIB
Xi Jinping Peringatkan Joe Biden Tak Main Api soal Taiwan, Begini Tanggapan Rusia
Dmitry Peskov tegaskan dukungan Rusia terhadap China soal Taiwan (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Rusia menyampaikan rasa solidaritas terhadap China terkait masalah Taiwan. China menganggap Taiwan sebagai provinsinya dan bertekad akan merebutnya kembali meskipun harus menggunakan kekuatan militer.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Rusia memberikan dukungan terhadap Presiden Xi Jinping soal kedaulatan China.

"Tidak ada negara yang perlu mempertanyakannya," kata Peskov, saat ditanya soal komitmen Rusia terhadap China soal Taiwan, dikutip dari Reuters, Jumat (29/7/2022).

Sebelumnya Menteri Luar Negeri (Menlu) Sergei Lavrov menegaskan dukungan Rusia terhadap kebijakan "Satu China" yang diterapkan Beijing terkait masalah Taiwan. Komentar itu disampaikannya setelah Xi memperingatkan mitranya dari Amerika Serikat (AS), Joe Biden, untuk tidak bermain api. Xi dan Biden berbicara melalui tautan video pada Kamis kemarin, membahas berbagai isu termasuk Taiwan.

Ketegangan AS dan China meningkat setelah rencana kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan pada Agustus mendatang diungkap media. Belum ada kepastian mengenai kunjungan itu, namu Departemen Pertahanan AS (Pentagon) menyiapkan segala kemungkinan. Sebelumnya China mengancam akan menggunakan kekuatan militer jika Pelosi benar-benar berkunjung ke Taiwan.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda