Zelensky Akan ke Bali Ikuti KTT G20 jika Putin Juga Hadir 

Anton Suhartono · Rabu, 10 Agustus 2022 - 20:11:00 WIB
Zelensky Akan ke Bali Ikuti KTT G20 jika Putin Juga Hadir 
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Foto: Reuters)

KIEV, iNews.id - Presiden Ukraina Vladimir Zelensky menyatakan akan menghadiri KTT G20 di Bali, pada 15-16 November 2022 mendatang. Namun, kehadirannya di konferensi tingkat tinggi itu hanya jika Presiden Rusia Vladimir Putin juga hadir nanti.

Hal ini disampaikan Penasihat Kantor Kepresidenan Ukraina Mikhail Podolyak, dalam sebuah wawancara dengan BBC Ukraina. Zelensky sebenarnya berencana untuk tetap di Ukraina dan memilih hadir dalam pertemuan-pertemuan secara online.

"Presiden percaya bahwa dia harus berada di wilayah Ukraina. Format online hari ini memungkinkan kerja yang efektif di setiap pertemuan," kata Podolyak, dikutip dari Tass, Rabu (10/8/2022).

"Namun, jika dia (Putin) akan hadir (di KTT G20), kita pasti harus memikirkan perlunya kehadiran kita," katanya.

Mikhail Podolyak juga mengatakan, kehadiran pemimpin Rusia di setiap acara secara tidak langsung mengartikan penyelenggara KTT G20 melegitimasi posisi Rusia dalam masalah Ukraina. Hal ini pula yang membuat Zelensky menilai kehadirannya penting di Bali nanti.

KTT G20 diketahui akan diadakan di Pulau Bali pada 15-16 November dalam format tatap muka. Sekretaris Pers Presiden Rusia Dmitry Peskov sebelumnya mengatakan, belum ada keputusan mengenai format keikutsertaan Putin secara langsung atau tidak.

Ajudan Putin, Yuri Ushakov, sebelumnya mengatakan keputusan tentang format keikutsertaan Rusia dalam KTT G20 akan disampaikan menjelang KTT G20.

"Ada undangan. Kami merespons secara positif. Keputusan akan dibuat tepat sebelum pelaksanaan," kata Ushakov, dikutip dari Sputnik, Rabu (20/7/2022).

Ushakov pada Juni lalu juga mengumumkan kehadiran Putin, namun belum ada keputusan mengenai bentuk partisipasinya. Hanya saja, dia menjelaskan alasan seandainya Putin terpaksa tak bisa hadir secara fisik di Bali.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda