2020, Sepeda Motor Akan Dikenakan Tilang Elektronik

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 05 Desember 2019 - 23:18 WIB
2020, Sepeda Motor Akan Dikenakan Tilang Elektronik

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono. (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf)

JAKARTA, iNews.id - Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik terbilang sukses sejak diterapkan pertengahan tahun ini. Berbekal itu, Polda Metro Jaya akan memperluas penerapan tilang elektronik.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan, perluasan penerapan tilang elektronik itu akan menyasar kendaraan roda dua alias sepeda motor. Penerapannya ditargetkan pada 2020. "Untuk sepeda motor mulai tahun depan sudah diberlakukan (tilang elektronik)," katanya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

BACA JUGA:

Catat, Ini Daftar Jalan yang Bakal Dipasangi Kamera ETLE Tambahan

Awas! Pelanggar di Jalur Tol dan Transjakarta Kini Diintai Kamera ETLE

Catat, Tilang Elektronik di Tol Dalam Kota Mulai Diterapkan Oktober

Gatot menilai dengan penerapan sistem tersebut, kedisiplinan masyarakat saat berkendara bisa semakin meningkat. Terlebih, pengguna sepeda motor termasuk pelanggar lalu lintas dengan jumlah terbesar.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengungkapkan belum menentukan tanggal pasti kapan tilang elekronik diterapkan untuk sepeda motor. Saat ini jajarannya masih melakukan kajian lebih dalam.

Kajian dilakukan agar tilang elektronik bisa menangkap Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang berada di sepeda motor. Alasannya, lokasi TNKB pada sepeda motor letaknya bervariasi, ada yang di depan bagian bawah, atas, bahkan untuk kendaraan tertentu ada yang di samping.

"TNKB motor ini kan beda-beda (posisinya), beda dengan mobil. Kita sinkronkan bagaimana kamera itu bisa menembus dari berbagai macam arah," ujarnya.

Jika sistem siap, sebelum mengaktifkan, dia mengatakan, akan memberlakukan uji coba atau sosialisasi selama 1 bulan. Yusuf menyebut, sistem tilang elektronik sepeda motor sama dengan mobil. Yakni kendaraan yang melanggar akan diverifikasi kamera ETLE center kemudian surat tilang dikirim kepada alamat yang tertera pada surat-surat kendaraan.

Kamera ETLE yang digunakan untuk sepeda motor juga masih sama dengan yang sudah dipasang sekarang. "Sama (kameranya) cuma fiturnya nanti ditambah. Teknis lah itu," katanya.

Jenis pelanggaran sepeda motor yang ditilang di antaranya masuk jalur busway, tidak menggunakan helm, melanggar marka jalan, menerobos lampu lalu lintas dan lawan arus.


Editor : Djibril Muhammad