3 TPU di Tangsel Disiapkan Khusus untuk Pemakaman Jenazah Pasien Corona

Okezone ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 06:45 WIB
3 TPU di Tangsel Disiapkan Khusus untuk Pemakaman Jenazah Pasien Corona

Ilustrasi, penanganan pasien virus korona (Covid-19). (Foto: Dok. iNews).

TANGSEL, iNews.id -Warga Tangerang Selatan (Tangsel) yang meninggal karena virus corona (Covid-19) akan dimakamkan di 3 tempat pemakaman umum (TPU). Ketiga lokasi itu, TPU Bingbin Serpong, TPU Babakan dan TPU Jombang.

Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, kapasitas TPU masih luas dan dapat menampung hingga ratusan jenazah. Keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan matang, ditetapkan pemerintah daerah.

"Ditambah dengan TPU Bingbin dan Babakan, masih ada 100-200 lagi. Totalnya ratusan, masih cukup banyak," ujar Benyamin di posko virus corona, Kampung Anggrek, Serpong, Kamis (26/3/2020).

Dia menuturkan, sempat mendapatkan penolakan dari masyarakat mengenai TPU Bingbin untuk pasien virus corona. Masyarakat akhirnya menerima keputusan pemerintah setelah mendapatkan penjelasan dengan baik.

"Mereka juga minta disemprot disinfektan, tapi sekarang mereka sudah mengerti dan bisa menerima pemakaman itu," ucapnya.

Selain itu warga sekitar TPU Jombang juga sempat menolak jenazah pasien virus corona. Mereka bisa memahami setelah diberikan penjelasan.

"Tetapi memang dipisahkan dari awal dengan makam yang sudah ada. Makanya, kita akan konsentrasi di TPU Jombang," katanya.

Menurutnya, proses pemakaman pasien virus corona dilakukan sesuai aturan khusus, tidak bisa dilakukan sembarangan. Keluarga, kata dia tidak bisa mengiringi pemakaman jenazah.

"Jadi mohon pengertian masyarakat, biar kami yang nanti menentukan. Jadi begitu meninggal, langsung dimandikan," katanya.

Editor : Kurnia Illahi