5 Fakta Fahrul Sudiana, Kapolsek Kembangan yang Dicopot karena Menikah saat Corona

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 03 April 2020 - 05:00 WIB
5 Fakta Fahrul Sudiana, Kapolsek Kembangan yang Dicopot karena Menikah saat Corona

Momen pernikahan Kompol Fahrul Sudiana dan Rica Andriani di Jakarta, Sabtu (21/3/2020). (Foto: IG/pernikahankita).

JAKARTA, iNews.id – Berakhir sudah karier Kompol Fahrul Sudiana sebagai Kapolsek Kembangan, Jakarta Barat. Perwira menengah ini dicopot dari jabatannya karena melakukan pelanggaran disiplin.

Fahrul menjadi sorotan setelah menggelar resepsi pernikahan di salah satu hotel kawasan, Senayan, Jakarta Selatan pada 21 Maret 2020. Alumnus Akademi Kepolisian 2006 ini mempersunting selebgram Rica Andriani.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan awal oleh Propam Polda Metro Jaya, yang bersangkutan telah melanggar disiplin dan juga melanggar Maklumat Kapolri,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Yusri menerangkan, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis sebelumnya mengeluarkan Maklumat Kapolri tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona, yang salah satunya meminta tidak ada kegiatan mengumpulkan massa. Sejak maklumat terbit, Polri telah membubarkan setidaknya 7.000 lebih kerumunan, baik itu resepsi pernikahan maupun warga yang nongkrong di kafe.

Berikut 5 Fakta Kompol Fahrul Sudiana:

1. Akpol 2006.

Fahrul Sudiana merupakan lulusan Akpol 2006 (Batalyon Setia). Kariernya termasuk mencorong. Pada 9 Agustus 2019, dia dilantik sebagai Kapolsek Kembangan menggantikan Kompol Joko Handono.

Riwayat pendidikannya juga termasuk komplet. Dia meraih gelar magister (S2) di Program Studi Kajian Ilmu Kepolisian Universitas Indonesia. 

2. Pernah Dekat dengan Angel Lelga.

Sosok Fahrul Sudiana bukan kali ini saja jadi perhatian. Dia sebelumnya sempat menghiasi pemberitaan infotainment saat menjadi kekasih selebritas Angel Lelga. Ketika itu, Fahrul masih berpangkat AKP.

3. Nikahi Selebgram.

Perjalanan cinta Fahrul Sudiana berlabuh ke Rica Andriani. Mereka melangsungkan resepsi pernikahan secara mewah pada 21 Maret 2020 lalu. Rica dikenal sebagai seorang selebgram. Perempuan cantik ini merupakan sahabat dekat Awkarin, selebgram yang kerap menuai kontroversi.

4. Langgar Maklumat Kapolri.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono menyayangkan sikap Fahrul yang malah melanggar maklumat pimpinan. Menurut dia, Maklumat Kapolri harus ditaati oleh seluruh masyarakat.

"Maklumat Kapolri tidak berlaku untuk masyarakat saja, namun juga di lingkungan Polri dan keluarganya," kata Argo di Mabes Polri, Kamis (2/4/2020).

Kapolri Idham Azis sebelumnya juga mengeluarkan Surat Telegram (TR) Nomor ST/30/XI/HUM 3.4/2019/DIVPROPAM tanggal 15 November 2019. Salah satu isi TR tersebut yakni anggota Polri diminta tidak menunjukkan dan memakai atau memamerkan barang mewah dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam interaksi sosial di kedinasan maupun di area publik.

5. Perwira Nonjob.

Dicopot dari jabatan kapolsek Kembangan, Fahrul kini ditarik ke Polda Metro Jaya sebagai perwira menengah nonjob. Jabatan administrasinya yakni analis kebijakan (anjak).

Editor : Zen Teguh