Ahmad Riza Patria Jadi Wagub DKI, Ini Harapan Sandiaga Uno

Riezky Maulana · Senin, 06 April 2020 - 18:47 WIB
Ahmad Riza Patria Jadi Wagub DKI, Ini Harapan Sandiaga Uno

Mantan Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno. (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Politikus Partai Gerindra Ahmad Riza Patria terpilih menjadi wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta. Ahmad Riza terpilih dalam sidang paripurna pemilihan yang digelar tertutup oleh DPRD DKI Jakarta hari ini.

Mantan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno memberi selamat dan pesan kepada rekan separtainya itu. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini berharap, kehadiran Ahmad Riza dapat membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta lebih sigap dalam menghadapi berbagai situasi.

"Selamat terpilih menjadi Wagub Jakarta Ahmad Riza Patria. Semoga dengan kehadirannya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan sigap dan terus menggulirkan terobosan-terobosan baru serta membantu kerja Pak Gubernur Anies Baswedan, khususnya dalam menghadapi pendemi virus corona (Covid 19)," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (6/4/2020).

Sandi menilai, Ahmad Riza Patria dapat menjadi mitra kerja yang baik untuk Anies Rasyid Baswedan. Salah satunya yang mungkin ditunggu warga ibu kota, menurut dia, yaitu penciptaan lapangan kerja.

"Saya juga percaya Pak Riza, akan menjadi mitra kerja yang baik untuk Pak Anies dalam penciptaan lapangan kerja sekaligus ketersediaan kebutuhan pokok dengan harga stabil dan terjangkau bagi warga DKI," ujarnya.

Sebelumnya, dalam pemungutan suara di rapat paripurna DPRD Jakarta, Senin (6/3/2020) Riza menang telak atas lawannya Nurmansjah Lubis dari PKS. Riza berhasil mengumpulkan 81 suara dari total 100 anggota parlemen yang memiliki hak voting. Sementara Nurmansjah mengumpulkan 17 suara.

Dua suara lainnya dinyatakan tidak sah. Perolehan suara keduanya alot di awal penghitungan yakni keduanya sempat sama-sama mengumpulkan liam suara. Namun suara Riza langsung melesat jauh meninggalkan pesaingnya setelah itu.

"Dengan ini saudara Ahmad Riza Patria sah sebagai cawagub Jakarta terpilih sisa masa jabatan 2017-2020," ujar pimpinan sidang sekaligus Ketua DPRD Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi usai penghitungan.

Editor : Djibril Muhammad