Anggaran Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Tangerang Rp17,5 Miliar

Antara ยท Sabtu, 02 Februari 2019 - 04:04:00 WIB
 Anggaran Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Tangerang Rp17,5 Miliar
Ilustrasi Pilkades Serentak (Foto: DOK)

TANGERANG, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menyiapkan dana sebesar Rp17,5 miliar dari APBD untuk biaya pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2019. Dijadwalkan, Pilkades Kabupaten Tangerang digelar 17 November 2019.

“Tapi dana yang telah tersedia sebesar Rp5 miliar dari APBD 2019,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-PD) Kabupaten Tangerang Ahmad Hapid di Tangerang, Jumat (1/2/2019).

Menurut dia, dana Rp5 miliar sementara mencukupi untuk memenuhi proses tahapan dan ditambah nantinya dari Anggaran Belanja Tambahan (ABT). Pemkab Tangerang akan mengelar tahapan pilkades serentak di 153 desa yang tersebar di 28 kecamatan.

Seluruh biaya pelaksaaan pilkades ditanggung oleh pemerintah daerah melalui APBD dan meminta persetujuan kepada DPRD. Ahmad mengatakan, tahapan pilkades mulai Maret 2019 karena banyak jabatan kades yang berakhir Juli dan disiapkan pejabat sementara. Menurut dia, menyangkut kekurangan dana pilkades ditentukan pada ABT sebesar Rp12,5 miliar lagi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid menuturkan, direncanakan pelaksanaan pilkades serentak setelah pilpres dan pileg. Berdasarkan keputusan rapat bersama instansi terkait dilaksanakan 17 November 2019.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto