Anggota Polres Jakbar Dipukul Stik Baseball saat Tangkap Pengguna Narkoba

Yan Yusuf ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 18:18 WIB
Anggota Polres Jakbar Dipukul Stik Baseball saat Tangkap Pengguna Narkoba

Polres Jakarta Barat menunjukkan kasus pemukulan terhadap anggotanya saat menggerebek sebuah rumah di Jaksel terkait dugaan penyalahgunaan narkoba. (Foto: SINDOnews/Yan Yusuf)

JAKARTA, iNews.id - Personel Satnarkoba Polres Metro Jakarta Barat mengungkap kasus dugaan penyalahgunaan narkoba di sebuah rumah di Perumahan Serenia Hills Blok V/82, Karang Tengah No 9, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (12/8/2020) malam. Polisi mendapat perlawanan dalam penggerebekan itu.

Saat di lokasi, personel kepolisian dilempar botol kaca dan dipukul menggunakan stik baseball oleh penghuni rumah tersebut. Kejadian itu membuat sejumlah anggota terluka.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Audie S Latuheru mengonfirmasi kejadian itu. Menurutnya kasus itu bermula saat kepolisian menyelidiki dugaan penggunaan narkoba jenis ganja di perumahan itu.

“Para pelaku mencoba untuk mengalihkan perhatian dengan menghalangi kami. Aksi saling dorong terjadi hingga seorang anggota kami dipukul menggunakan tongkat baseball,” kata Audie di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (13/8/2020).

Audie mengatakan anggota kepolisian yang terluka dalam kejadian itu telah melapor ke Polda Metro Jaya. Visum dan pemeriksaan awal sudah dilakukan.

Dia menegaskan kepolisian telah menunjukkan etika dan standard operational procedure (SOP) penangkapan. Mulai dari mengajak satuan pengamanan kompleks ke rumah pelaku.

“Kami juga mengetuk pintu rumah dan membawa surat penangkapan dan penyidikan. Tapi saat membuka pintu dan memperkenalkan diri, seorang anggota keluarga lari,” kata Audie.

Beberapa anggota lantas merespons dengan mengejar pelaku. Namun sampai di tangga rumah beberapa anggota keluarga melakukan pengadangan.

Aksi dorong terjadi sebelum akhirnya petugas diusir oleh seorang warga negara asing (WNA) yang diketahui merupakan kepala keluarga di rumah itu. Tak sampai di situ, sejumlah anggota mulai diserang dengan lemparan botol dan dipukul menggunakan tongkat baseball oleh pelaku.

“Ketegangan sempat terjadi. Tapi anggota mencoba tenang dan berupaya bernegosiasi,” katanya.

Dari kejadian itu, polisi telah mengamankan seorang perempuan berinisial M (49) dan anaknya AM (31). Polisi juga mengamankan beberapa barang bukti berupa botol minuman mengandung ganja.

Editor : Rizal Bomantama