Anies Bangun Saringan Sampah Kali Ciliwung di Jagakarsa: Terobosan Pertama di Indonesia

Muhammad Refi Sandi ยท Senin, 26 September 2022 - 12:52:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan proyek saringan sampah Kali Ciliwung di Jagakarsa merupakan pertama kalinya di Indonesia. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pemprov DKI Jakarta membangun saringan sampah di perbatasan Jakarta tepatnya di Kali Ciliwung segmen TB Simatupang, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan inovasi ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia.

Anies berkesempatan mengunjungi pekerjaan pembangunan saringan sampah tersebut hari ini, Senin (26/9/2022). Dia juga antusias program ini bisa menangani masalah sampah yang masuk ke Jakarta.

"Ini adalah proyek pertama kali dan bahkan pertama kali di Indonesia ada penyaringan seperti ini. Nah kita lihat nanti seberapa efektif. Secara teori efektif ini, kita lihat di lapangan. Kemudian dari situ nanti bisa dikembangkan di semua tempat, bahkan bukan hanya di Jakarta tapi di seluruh Indonesia, dan ini lah proyek pertama," ujar Anies, Senin (26/9/2022).

Anies menyebut sebanyak 52 ton sampah per hari melintasi Kali Ciliwung dan masuk Jakarta. Diketahui Kali Ciliwung juga melintasi sejumlah kawasan mulai dari hulu di kawasan Bogor, Depok, dan hilir di laut Jakarta.

"Sebagai informasi saja timbunan sampah yang lewat di segmen Sungai Ciliwung ini adalah sebesar 52 ton per hari. Kira-kira ini setara dengan 1 bus Transjakarta jenis tronton per hari. Nah, bisa dibayangkan banyaknya sampah yang masuk," kata Anies.

Pantauan di lokasi Anies tiba sekitar pukul 07.10 WIB didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda DKI Affan Adriansyah serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Asep Kuswanto dan perwakilan PP Presisi konstruksi.

Sebagai informasi, pembangunan sistem ini telah melalui kajian yang matang. Konsep perencanaan pun sudah dibahas bersama ITB (Institut Teknologi Bandung) dan disepakati dengan BBWSCC (Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung - Cisadane).

Yang tidak kalah penting, saringan sampah ini juga bermanfaat untuk menjaga pompa-pompa pengendalian banjir yang dioperasikan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta agar tidak mengalami efek bendung yang dapat berakibat banjir, seperti Pompa Waduk Pluit, Pompa Ancol, dan Pompa Gambir.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda