Anies Baswedan Apresiasi Warga yang Disiplin Tetap di Rumah

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 18:59 WIB
Anies Baswedan Apresiasi Warga yang Disiplin Tetap di Rumah

Gubernur Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Pemprov Jakarta)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta resmi memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dari 22 Mei hingga 4 Juni 2020. Gubernur Jakarta, Anies Baswedan berharap masyarakat ibu kota makin disiplin untuk memutus penularan corona.

Dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Selasa (19/5/2020), Anies mengapresiasi warga ibu kota yang disiplin tetap di rumah. Menurutnya warga yang disiplin tetap di rumah benar-benar menunjukkan diri sebagai garda terdepan penanganan corona.

"Kepada seluruh masyarakat yang dalam dua bulan terakhir ini terus disiplin kami ucapkan terima kasih. Anda pahlawan dalam pengendalian corona dan turut menjaga tenaga medis sebagai benteng terakhir," ucap Anies.

Anies menjelaskan gerakan tetap di rumah dan penerapan hidup bersih sehat efektif memutus penularan corona. Karena tetap di rumah meminimalisasi kontak dengan warga lain yang berpotensi sebagai orang tanpa gejala.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu menjelaskan gerakan tetap di rumah yang diikuti 60 warga Jakarta berhasil menurunkan angka penularan corona di Jakarta dari empat menjadi satu. Artinya sekarang satu orang terinfeksi di Jakarta hanya berpotensi menularkan ke satu orang lainnya.

Menurutnya gerakan itu konsisten berlaku selama dua sampai tiga minggu. Namun pada awal bulan Ramadan kembali meningkat karena warga banyak bepergian ke luar rumah pada sore dan malam hari.

"Saya mengajak yang belum ambil bagian mari ambil tanggung jawab untuk disiplin seupaya Jakarta bisa mengendalikan virus ini dan segera menjalani kegiatan normal," kata Anies.

Editor : Rizal Bomantama