Anies Baswedan Pimpin Upacara Bulan K3, Ingatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Wildan Catra Mulia ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 13:50 WIB
Anies Baswedan Pimpin Upacara Bulan K3, Ingatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Gubernur Jakarta Anies Baswedan memimpin Upacara Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) DKI Jakarta Tahun 2020 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Jakarta Anies Baswedan memimpin Upacara Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) DKI Jakarta Tahun 2020 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020). Upacara tersebut sekaligus membuka rangkaian kegiatan bulan K3 Jakarta 2020.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Anies Baswedan mengingatkan para pekerja bahwa prioritas dalam bekerja adalah keselamatan. Dia mengatakan apapun pekerjaannya, keselamatan kerja harus didahulukan.

"Saya garis bawahi di sini, bahwa apapun yang dikerjakan, dalam proyek apapun, dalam kegiatan apapun, keselamatan dan kesehatan adalah prioritas," katanya.

BACA JUGA: Anies Digugat karena Banjir Jakarta, Mahfud MD: Biar Pengadilan Menjawab

Anies juga minta keluarga mengingatkan agar pekerja selalu memprioritaskan keselamatan kerja. Dia berharap bulan K3 bukan hanya sebagai perayaan namun diwujudkan dalam langkah nyata.

"Semua yang menyangkut risiko harus diantisipasi bersama oleh pekerja, oleh pengusaha, dan oleh pemerintah. Sehingga semua risiko terindentifikasi dan bisa dicegah sehingga mencelakakan atau mengancam kesehatan pekerja," katanya.

Berikut rangkaian kegiatan bulan K3 yang diselenggarakan Pemprov Jakarta:

BACA JUGA: Anies Siapkan Pergub Baru, PKL Boleh Berjualan di Trotoar

A. Kegiatan yang bersifat strategis berupa:
1. Upacara Bulan K3 di GOR Soemantri Brodjonegoro Hall A – Kuningan – Jakarta pada hari Jum’at tanggal 17 Januari 2020 pukul 07.00 WIB dengan peserta 2.000 orang pekerja.
2. Penganugerahan Duta Seni K3 DKI Jakarta kepada Tokoh Seniman Didi Kempot pada hari Minggu tanggal 19 Januari 2020 pukul 19.00 WIB bertempat di Britama Arena Sport Kelapa Gading Jakarta Utara y ang akan dihadiri 3.000 orang pekerja.
3. Launching Online System pelayanan permohonan Surat Keterangan Layak K3, sebagai bentuk peningkatan layanan publik di bidang K3.

B. Kegiatan yang bersifat Promotif :
1. Sosialisasi melalui media cetak dan elektronik.
2. Pemasangan bendera K3, Spanduk dan umbul-umbul K3 di tempat kerja.
3. Gowes ”Jakarta Safety Excellence” guna mendukung program gerakan masyarakat sehat (GERMAS) dan Jakarta Langit Biru serta Bazar PKT/ UMKM yang akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 9 Februari 2020 pukul 06.30 WIB bertempat di Velodrome Rawamangun dengan peserta kurang lebih 3.000 orang.
4. Stikerisasi Bus Transjakarta pada 13 koridor.

C. Kegiatan yang bersifat implementatif :
1. Penghargaan Zero Accident (Nihil Kecelakaan Kerja).
2. Miss K3 Award, pemberian penghargaan kepada perempuan penggiat K3
3. Seminar Peran Kelembagaan K3 dalam mendukung Jakarta Berbudaya K3.
4. Pengukuhan pengurus dan anggota P2K3 pada 500 perusahaan.
5. Pemeriksaan Kesehatan untuk pekerja.
6. Bakti Sosial kepada masyarakat terdampak musibah banjir.


Editor : Rizal Bomantama