Anies: Hari Ini Rekor Pemakaman dengan Prosedur Covid-19 Selama Pandemi

Rizal Bomantama · Rabu, 23 Juni 2021 - 22:03:00 WIB
Anies: Hari Ini Rekor Pemakaman dengan Prosedur Covid-19 Selama Pandemi
Gubernur DKI Jakarta di lahan khusus pemakaman jenazah pasien covid-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara, Rabu (23/6/2021). (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut hari ini terjadi rekor pemakaman jenazah dengan prosedur covid-19 terbanyak dalam sehari selama pandemi covid-19 di ibu kota, Rabu (23/6/2021). Dia menegaskan hal itu menjadi pertanda masyarakat harus terus patuh protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir.

Melalui akun Instagramnya @aniesbaswedan, Rabu (23/6/2021) malam, Anies menjelaskan hari ini ada 180 jenazah yang dimakamkan dengan prosedur covid-19. Sebagian dimakamkan di TPU Rorotan yang menyediakan tiga hektare lahan pemakaman khusus covid-19.

"Hari ini rekor pemakaman selama wabah covid-19 di DKI: 180 jenazah dikuburkan dengan prosedur covid-19. Lahan baru di Rorotan ini ukurannya 3 hektare, khusus covid-19. Meskipun luas, tolong jangan sampai dipenuhi. Ya, jangan sampai penuh, jangan diisi jenazah seperti hari ini lagi. Cukup, cukup sudah. Kita tak ingin melihat lebih banyak lagi wajah duka," kata Anies.

Anies pun merekam suasana duka yang menyelimuti TPU Rorotan hari ini. Di sana Anies menemui sejumlah keluarga pasien covid-19 yang baru saja dimakamkan.

Ada seorang ibu yang meneteskan air mata saat jenazah suaminya dikubur. Kemudian ada seorang pria asal Bandung yang memandang pusara jenazah istrinya yang masih basah.

"Mata kami bertatapan. Tak perlu kata-kata. Hening dan mata basah itu sudah cukup pesannya. Duka itu tak terkira dalamnya," ujar Anies.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2