Anies: Kami di Pemerintahan Punya Tugas Tuntaskan Janji Kemerdekaan

Dominique Hilvy Febriani · Senin, 20 September 2021 - 16:51:00 WIB
Anies: Kami di Pemerintahan Punya Tugas Tuntaskan Janji Kemerdekaan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memimpin peringatan Rapat Raksasa IKADA di Balai Kota, Jakarta, Senin (20/9/2021). (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memimpin peringatan Rapat Raksasa IKADA di Balai Kota, Jakarta, Senin (20/9/2021). Dalam sambutannya, Anies mengingatkan kembali janji-janji yang harus dituntaskan usai kemerdekaan diraih.

Anies mengatakan, melalui kemerdekaan para pahlawan berjanji melindungi, mencerdaskan, memajukan kesejahteraan umum, dan terlibat dalam ketertiban dunia. Tujuannya akhirnya di dalam pembukaan UUD 1945 yakni menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

“Kami yang berseragam di pemerintahan punya tanggung jawab atas nama negara punya tugas menuntaskan janji kemerdekaan itu,” kata Anies melalui akun Instagram @aniesbaswedan, Senin (20/9/2021).

Lalu Anies menceritakan kembali peristiwa Rapat Raksasa IKADA tersebut.

“Pada 76 tahun lalu, 19 September 1945, satu bulan setelah kemerdekaan Republik Indonesia diproklamasikan, sekitar 300.000 orang berkumpul di Lapangan Ikada, yang kita kenal sebagai Monas sekarang. Ratusan ribu warga bergerak dari Jakarta dan sekitarnya memilih untuk menunjukkan sikap, bukan hanya mendukung pemimpinnya tapi menyatakan siap melawan penjajahan,” tuturnya.

Anies menjelaskan penduduk Jakarta waktu itu berjumlah 623.000 orang dan yang berkumpul di lapangan Ikada sekitar 300.000 orang.

"Bayangkan separuh kota penduduknya mengirimkan pesan kami menuntut kemerdekaan total dan kami siap untuk menghibahkan nyawa mempertahankan kemerdekaan yang diproklamasikan sebulan sebelumnya,” katanya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: