Anies Lantik 5 Anggota KIP Jakarta Periode 2020-2024

Komaruddin Bagja Arjawinangun, Sindonews · Rabu, 25 November 2020 - 03:00:00 WIB
Anies Lantik 5 Anggota KIP Jakarta Periode 2020-2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sambutan dalam pelantikan lima anggota KIP Jakarta periode 2020-2024. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melantik lima anggota Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jakarta periode 2020-2024, Selasa (24/11/2020). Pelantikan dilakukan Anies melalui upacara pengambilan sumpah jabatan di Balai Kota Jakarta.

Lima anggota KIP Jakarta periode 2020-2024 yaitu Harry Ara Hutabarat, Aang Muhdi Gozali, Nelvia Gustina, Arya Sandhiyudha, dan Harminus. Pelantikan ini berdasarkan pada Keputusan Gubernur Nomor 1152 Tahun 2020 tentang Penetapan Anggota Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta Periode Tahun 2020-2024.

"Kita benar-benar berharap pemerintahan modern merupakan pemerintahan yang memberikan ruang kepada publik untuk mengetahui proses yang ada di dalamnya, mengetahui bagaimana kebijakan itu dibuat, implikasi dan lain-lainnya," ucap Anies.

Kemudian Anies menjelaskan dalam ilmu kebijakan publik pemerintah dahulu dikenal dengan istilah black box karena terdapat proses perumusan kebijakan yang tertutup seolah dalam kegelapan. Mantan Mendikbud itu menegaskan, pemerintahan modern selalu mengedepankan prinsip keterbukaan informasi, khususnya dalam perumusan kebijakan. Hal tersebut selaras dengan prinsip dasar demokasi sebagai mekanisme institusional untuk mengartikulasikan aspirasi menjadi kenyataan.

"Jadi, saya berharap teman-teman/para anggota yang baru saja dilantik bisa melihat kembali semua ketentuan, semua peraturan dan dijadikan rujukan. Dan bagi kami juga di pemerintahan, setiap kali ada kegiatan seperti ini, kesempatan untuk mengingatkan kembali ada amanat yang tidak kecil yang diembankan kepada kita dan kita harus bisa sampaikan kepada masyarakat dengan lengkap. Insya Allah, nantinya Jakarta terus-menerus menjadi bagian yang terdepan di dalam mengabarkan kepada publik atas proses pengambilan kebijakan, proses politik yang terjadi di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama