Anies Sebut Jakarta Berpotensi Jadi Kota Megapolitan Ramah Pesepeda

Okto Rizki Alpino ยท Kamis, 11 Maret 2021 - 16:51:00 WIB
Anies Sebut Jakarta Berpotensi Jadi Kota Megapolitan Ramah Pesepeda
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda bersama sejumlah duta besar negara sahabat, Kamis (11/3/2021) pagi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencoba gowes di jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (11/3/2021). Anies bersepeda bersama sejumlah duta besar negara sahabat.

Anies mengatakan pembangunan jalur sepeda permanen merupakan bentuk keseriusan Pemprov DKI Jakarta menjadikan ibu kota ramah lingkungan. Termasuk untuk menanamkan kesadaran kepada masyarakat Jakarta agar mau beralih menggunakan moda transportasi ramah lingkungan.

"Kita berupaya mendorong masyarakat agar mengubah pola pikir mereka tentang bersepeda dari sekedar olahraga atau hiburan menjadi alat transportasi. Ini adalah transformasi sederhana tetapi mengubah cara kita memandang bersepeda," kata Anies di akun Instagramnya @aniesbaswdan yang dikutip di Jakarta, Kamis (11/3/2021).

Mantan mendikbud ini menuturkan, jika upaya ini berhasil mengubah pola pikir masyarakat dipastikan kota Jakarta dapat terbebas dari pencemaran udara yang disebabkan oleh gas buang kendaraan bermotor.

"Kolaborasi yang kuat menghadirkan sistem mobilitas yang berkelanjutan untuk ketahanan perkotaan serta mencapai target mengurangi 50 persen emisi gas rumah kaca pada tahun 2030 dan emisi bersih pada tahun 2050," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2