Anies: Transformasi Kota Tua-Sunda Kelapa dengan Cara Baru Kolaborasi, Masif dan Terstruktur

Tim MNC Portal ยท Rabu, 28 April 2021 - 22:33:00 WIB
Anies: Transformasi Kota Tua-Sunda Kelapa dengan Cara Baru Kolaborasi, Masif dan Terstruktur
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id  - Head of Agreement (HoA) antara Jakarta Experience Board/PT Jakarta Tourisindo (JXB), Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) diselenggarakan di Halaman Museum Fatahillah, Teman Sari, Jakarta Barat, Rabu (28/4/2021). Acara itu diselenggearakan dalam mewujudkan tranformasi kawasan Kota Tua - Sunda Kelapa

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, transformasi kawasan Kota Tua - Sunda Kelapa pernah dicanangkan sejak masa Gubernur Ali Sadikin, namun kali ini dilaksanakan dengan cara baru.

"Bedanya, kali ini dengan cara baru, sehingga kita lebih optimistis meraih sukses. Cara baru tersebut adalah kolaboratif, masif dan terstruktur. Kolaboratif melibatkan banyak pihak. Masif dengan yang dikelola bukan sejumlah bangunan saja, tetapi kawasan seluas 240 hektar dari Sunda Kelapa, hingga Kota Tua. Kemudian, terstruktur adalah melalui pembentukan JV yang diberi banyak fleksibilitas dan otoritas untuk mengelola," ujar Anies di Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Menurutnya, transformasi tersebut memanfaatkan unsur nostalgia dikombinasikan dengan mewujudkan peluang ekonomi sekaligus memberi kesempatan bagi generasi mendatang untuk belajar. Sehingga pengembangan Kota Tua tetap mengangkat masa lalu, namun berorientasi masa mendatang.

"Inilah yang dinamakan kuno tetapi modern dan dinamis. Kita tidak ingin menjadikan Kota Tua sebagai destinasi wisata semata, tetapi juga sebagai ekosistem ekonomi yang dinamis yang menarik orang untuk berkarya," tuturnya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2