Anies: Transformasi Kota Tua-Sunda Kelapa dengan Cara Baru Kolaborasi, Masif dan Terstruktur

Tim MNC Portal · Rabu, 28 April 2021 - 22:33:00 WIB
Anies: Transformasi Kota Tua-Sunda Kelapa dengan Cara Baru Kolaborasi, Masif dan Terstruktur
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Istimewa).

Dia berharap dukungan dari berbagai kementerian seperti Kementerian BUMN untuk mendorong revitalisasi aset, akses pendanaan baik government maupun non-government serta mengoptimalkan peran ITDC untuk mengembangkan Kota Tua - Sunda Kelapa. Kemudian juga bantuan dari Kementerian Pariwisata diharapkan ikut mempromosikan Kota Tua dan menjadikannya hadir dalam kalender event nasional maupun dunia.

Selain itu, kata dia Pemprov DKI Jakarta juga menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, agar narasi tentang Kota Tua diangkat dalam khazanah sejarah dan budaya di Ibu Kota, serta dukungan penuh dari Bank Indonesia (BI) agar berbagai program UKM BI serta berbagai program digitalisasi keuangan bisa diterapkan di kawasan tersebut.

"Kami juga minta support dari dunia usaha, dan para pemilik property di kawasan (Kota Tua) untuk terus berinvestasi dan mengembangkan ekonomi kawasan selaras dengan narasi besar Kota Tua - Sunda Kelapa. Tanpa peran swasta, Pemerintah tidak bisa apa-apa. Ibarat naik perahu, you do the rowing, the government do the steering," katanya.

Kegiatan HoA turut dihadiri oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Dirut PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo Dirut PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar Dirut PT MITJ Tuhiyat, Direktur Utama JXB Novita Dewi dan Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer.

Editor : Kurnia Illahi