Antisipasi Musim Hujan, Lantamal III Kerahkan Pasukan Bersihkan Saluran Air

Yohannes Tobing ยท Selasa, 21 September 2021 - 22:49:00 WIB
Antisipasi Musim Hujan, Lantamal III Kerahkan Pasukan Bersihkan Saluran Air
Mengantisipasi musim hujan, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III berkolaborasi dengan Pemkot Jakarta Utara melakukan pembersihan kali dan saluran air di wilayah Markas Komando (Mako) Lantamal III, Selasa (21/9/2021). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai upaya mengantisipasi musim hujan, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III berkolaborasi dengan pemerintah kota administrasi Jakarta Utara melakukan pembersihan kali dan saluran air di wilayah Markas Komando (Mako) Lantamal III, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (21/9/2021). 

Wakil Komandan Lantamal III Jakarta Kolonel (L) Teguh Gunawan mengatakan pengerukan di kali dan saluran ini mengantisipasi musim hujan sekaligus memperingati HUT ke-76 TNI Angkatan Laut. 

"Dalam rangka HUT ke 76 TNI AL, pada saat ini kami bersinergi dengan pemerintah daerah setempat dalam hal ini kecamatan Pademangan untuk mengerahkan masa membersihkan kali dan saluran air di wilayah sekitar Lantamal," kata Teguh di Pademangan Barat, Selasa (21/9/2021). 

Menurut Teguh, pembersihan kali dan saluran ini merupakan upaya pihaknya bersama dengan pemerintah setempat untuk mengantisipasi adanya genangan yang bisa saja terjadi karena adanya penumpukan lumpur dan sampah di saluran.

"Makanya tadi sudah banyak lumpur dan sampah yang kita angkat dan sekarang sudah kita bersihkan untuk menghindari dan mengantisipasi banjir yang bisa saja terjadi," ucapnya. 

Adapun dalam pembersihan saluran yang dikerjakan, Teguh mengatakan pihaknya menerjun sekitar 100 personel yang terdiri atas prajurit dan PNS Lantamal, SDA Jakarta Utara, PPSU, dan FKPPI serta Pramuka. 

"Terdiri dari 50 dari Lantamal, SDA dan PPSU, kurang lebih 50 orang termasuk FKPPI dan juga dari Pramuka," tuturnya. 

Sementara itu Kepala Camat Pademangan Didit Mulyadi mengatakan dalam menghadapi musim hujan ini pemerintah DKI Jakarta telah melalui berbagai tahapan. 

"Berbagai tahapan sudah kita lakukan dalam hal ini kita berkerja sama dengan TNI AL yakni Lantamal III untuk meminimalisir adanya genangan nanti saat musim penghujan," ujarnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: