Banjir di Ciputat Baru Tangsel, Ketinggian Air Sepinggang Orang Dewasa

Reza Yunanto ยท Rabu, 01 Januari 2020 - 09:03 WIB
Banjir di Ciputat Baru Tangsel, Ketinggian Air Sepinggang Orang Dewasa

Banjir setinggi pinggang orang dewasa merendam perumaha di Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (1/1/2020). (Foto: iNews.id/Reza Yunanto)

TANGERANG SELATAN, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur sejak pukul 05.00 WIB menyebabkan banjir terjadi di sejumlah perumahan di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (1/1/2020).

Pantauan iNews.id, hingga pukul 08.30 WIB, banjir merendam kawasan Perumahan Ciputat Baru dan perumahan-perumahan di sekitarnya. Banjir juga memutus akses jalan utama keluar perumahan. Ketinggian air terpantau hingga sepinggang orang dewasa.

“Asli ini (banjir) sudah sepinggang saya," kata Dimas, warga terdampak banjir.

Wilayah lainnya yang terendam banjir yakni, Cipadu, Kreo, Tangerang. Tak hanya merendam rumah-rumah warga, banjir juga menyebabkan akses jalan dari dan menuju Jakarta terputus, yang disebabkan luapan kali di sejumlah titik.

“Baru kali ini banjir sampai meluap segini, biasanya sampai gorong-gorong saja. Di sini aja segini, perumahan sana Lembah Hijau dan Cipulir Estate pasti lebih dalam," ujar Jamaludin, satpam penjaga perumahan di kawasan Kavling Deplu, Cipadu, Larangan.

Sejumlah pengendara harus berputar mencari jalan karena akses yang biasa dilalui terendam 50-80 cm. "Saya sudah putar ke mana-mana tidak ada akses. Makanya saya bingung," kata salah seorang pengendara motor yang mencoba melintas di kawasan Cipadu.

Demikian pula pengemudi angkutan kota C 01 jurusan Ciledug-Kebayoran Lama. "Ini luapan sudah masuk dalam mobil. Makanya saya putar ke sini. Ternyata tidak bisa dilalui juga," kata sang sopir.

Jika hujan terus mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya diperkirakan banjir di sejumlah titik akan semakin tinggi dan meluas.

Editor : Kastolani Marzuki