Banyak Siswa Belum Terakomodasi, Disdik DKI Jakarta Buka Zonasi Bina RW

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 14:56 WIB
Banyak Siswa Belum Terakomodasi, Disdik DKI Jakarta Buka Zonasi Bina RW

ilustrasi/sindonews.com

JAKARTA, iNews.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta membuka jalur tambahan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 setingkat Rukun Warga. Jalur zonasi tingkat RW itu untuk mengakomodir siswa yang belum diterima pada sekolah negeri.

Koordinasi telah dilakukan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk membuka jalur zonasi bina RW sekolah.

"Di mana ada siswa yang satu RW dengan sekolahnya ini belum dapat diterima, maka kami membuka jalur yang namanya zonasi untuk bina RW sekolah," kata Kepala Disdik DKI Jakarta, Nahdiana dalam diskusi melalui video, Selasa (30/6/2020)

Dia mengaku telah berkoordinasi Koordinasi dengan satuan pendidikan juga dilakukan untuk penambahan daya tampung. Rasio setiap kelas yang tadinya 36 ditambah menjadi 40.

"Tentunya kami menambahkan kuota menambah rasio di setiap kelasnya, dari 36 jadi 40," katanya.

Nahdiana, mengaku nantinya akan ada beberapa sekolah yang mengalami lonjakan pendaftar di jalur zonasi bina RW sekolah. Sebab, kepadatan penduduk di DKI tidaklah sama setiap RWnya.

"Ketika di satu RW memang banyak, maka usia akan kami lakukan seleksi," ujarnya.

Jalur zonasi bina RW sekolah akan dimulai 4 Juli 2020, dan para peserta diminta lapor diri pada 6 Juli 2020. Secara teknis, pihaknya bakal segera merilisnya kepada publik.

"Kami sedang selesaikan untuk teknis penerimaan ini. Teknisnya akan kami umumkan segera," katanya.

Nahdiana mengungkapkan, jalur zonasi bina RW sekolah ini tidak akan memangkas kuota jalur lainnya. Terutama jalur prestasi yang dimulai pada 1 hingga 3 Juli 2020.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq