Bekasi Izinkan Salat Idul Fitri: Hanya di Zona Hijau dan Jarak Jemaah 60 Cm

Abdullah M Surjaya ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 10:49:00 WIB
Bekasi Izinkan Salat Idul Fitri: Hanya di Zona Hijau dan Jarak Jemaah 60 Cm
Rahmat Effendi (Foto: Wisnu Yusep)

BEKASI, iNews.id - Memasuki H-9 Lebaran 2021, Pemerintah Kota Bekasi mengeluarkan panduan pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 Hijriyah. Panduan langsung dalam prosesi salat yang akan dilakukan oleh umat Islam tersebut agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan terhindar dari penyebaran wabah Covid-19.

Untuk itu, mulai hari ini pemerintah mendistribusikan panduannya melalui surat edaran tersebut tercantum melalui nomor 451/2922 – SETDA.Kessos tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Di Masa Pandemi Wabah Covid-19. "Panduan ini agar terhindar dari penularan Covid-19,” kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Selasa (4/5/2021).

Menurut dia, untuk pelaksanaan prosesi ibadah Shalat Idul Fitri satu syawal 1442 Hijriyah dapat dilaksanakan di masjid atau dilapangan terbuka. Namun untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, kecuali jika perkembangan Covid-19 mengalami peningkatan, maka pemerintah tidak memperbolehkan agar tidak digelar shalat tersebut.

”Salat Idul Fitri hanya dapat dilakukan bagi wilayah yang wilayahnya sudah dinyatakan zona hijau dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya. 

Serta jarak antar jemaah sekitar 60 sentimeter dan bagi wilayah yang masih dinyatakan zona kuning boleh dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan lebih ketat.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2