Bermodalkan Seragam Jenderal Bintang 3, Polisi Gadungan Tipu Korbannya Rp500 Juta

Carlos Roy Fajarta ยท Senin, 07 Maret 2022 - 18:05:00 WIB
Bermodalkan Seragam Jenderal Bintang 3, Polisi Gadungan Tipu Korbannya Rp500 Juta
Polisi mengungkap kasus penipuan dengan modus polisi gadungan yang menyebabkan korbannya rugi hingga Rp500 juta. (Foto: MPI/Carlos Roy Fajarta)

JAKARTA, iNews.id - Kasus penipuan dan penggelapan uang dengan berkedok berpura-pura menjadi anggota Polri kembali terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Kasus polisi gadungan ini menyebabkan korbannya rugi Rp500 juta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menyebutkan kasus tersebut bermula dari laporan korban atas nama Rizky Pria Lesmana yang merupakan Dirut PT Mega Rizky Mandiri.

"Kasus penipuan dan penggelapan dengan modus polisi gadungan berpangkat Komisaris Jenderal ini diungkap Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya yang menangkap dua pelaku YD (40) dan YS (41). Mereka merupakan pasutri dan residivis," ujar Endra Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/3/2022).

Dia mengungkapkan kejadian terjadi pada Selasa tanggal 1 Maret 2022 di kawasan Tebet, Jakarta Selatan dengan korban Rizky Lesmana.

"Pelaku membujuk korban dengan mengaku sebagai anggota Polri seperti yang digunakan di seragam yaitu Yahya Ahmudiarto dengan pangkat Komjen Pol yang berdinas di Hubinter Mabes Polri yang mengaku memiliki dana kolateral Rp30 triliun di bank," ujar Endra Zulpan.

Dana tersebut dikelola oleh perusahaannya PT Bintang Timur Perkasa di mana tersangka kedua yaitu istrinya YS menjabat sebagai dirut.

"Pelaku mengajukan syarat kepada korban (Rizky Lesmana Dirut PT MRM) jika ingin mendapatkan dana Rp20 miliar, maka harus menyiapkan dana stand by sebesar Rp1 miliar di rekening perusahaan korban dan selama enam hari dana itu stand by," kata Zulpan.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda