BMKG Beberkan Penyebab Cuaca Ekstrem di Wilayah Jabodetabek

Komaruddin Bagja Arjawinangun ยท Senin, 22 Februari 2021 - 05:31:00 WIB
BMKG Beberkan Penyebab Cuaca Ekstrem di Wilayah Jabodetabek
Ilustrasi hujan lebat akibat cuaca ekstrem (Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membeberkan penyebab cuaca ekstrem yang mengakibatkan banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, kondisi cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek tersebut disebabkan sejumlah faktor.

Di antaranya, adanya seruakan udara dari Asia yang cukup signifikan mengakibatakan peningkatan awan hujan di Indonesia bagian barat. Ini terjadi pada 18-19 Februari 2021.

Kemudian, kata Guswanto, terpantau aktivitas gangguan atmosfer di zona equator (Rossby equatorial) mengakibatkan adanya perlambatan dan pertemuan angin dari arah utara membelok tepat melewati Jabodetabek, sehingga terjadi peningkatan intensitas pembentukan awan-awan hujan.

"Juga adanya tingkat labilitas dan kebasahan udara di sebagian besar wilayah Jawa bagian barat yang cukup tinggi, hal ini menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Jabodetabek," kata Guswanto, Senin (22/2/2021).

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2