Calo Umrah Berkedok Pegawai Kemenko Polhukam Ditangkap

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 05 November 2019 - 03:00 WIB
Calo Umrah Berkedok Pegawai Kemenko Polhukam Ditangkap

Polisi menangkap tersangka penipu berkedok pegawai Kemenko Polhukam, Senin (4/11/2019).

JAKARTA, iNews.id - Polda Metro Jaya mengungkap kasus penipuan jasa perjalanan umrah berkedok pegawai Kementerian Politik Hukum dan Keamanan. Tersangka, Irwan alias Iwan, 56, diringkus di Cipinang, Jakarta Timur.

Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Suyudi Ario Seto mengatakan, pelaku sering mendatangi instansi pemerintahan untuk mencari korban. Dia menawarkan berbagai jasa kepada calon korban.

"Salah satunya menawarkan jasa pengurusan perjalanan ibadah umrah," kata Suyudi di Jakarta, Senin (4/11/2019)

Aksi penipuan itu salah satunya terjadi pada 13 Juni 2019 di media center Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat. Iwan saat itu menawarkan jasa pengurusan umrah kepada seorang korban yang ingin memberangkatkan orang tuanya.

BACA JUGA: Iming-Iming Lolos CPNS, 2 Penipu Bermodus Tiru Suara Pejabat Ditangkap

Dalam melancarkan aksinya dia mengaku bisa membantu mempercepat keberangkatan umrah hanya dengan memberikan dana Rp15 juta. Untuk meyakinkan korban dia juga berpenampilan seperti pegawai Kemenko Polhukam agar korban percaya.

"Tersangka menggunakan seragam Kementerian Polhukam dan dilengkapi ID card," ujar Suyudi.

Korban tergiur. Dia kemudian mengirimkan uang Rp15 juta melalui transfer bank kepada Iwan. Penipuan itu mulai terbongkar saat Iwan tak lagi dapat dihubungi.

"Korban pun sadar telah ditipu dan melaporkan kasus ini ke Polda Metro Jaya," tutur Suyudi. Dia menuturkan, petugas segera bergerak cepat untuk menyelidiki.

Iwan diringkus pada Selasa (29/10/2019) pukul 21.00 WIB di Jalan Kebon Nanas Utara Rt. 015/04 nomor 18, Cipinang Cempedak, Jakarta Timur.

Atas perbuatannya, Iwan dikenakan pasal tindak pidana penipuan dan atau penggelapan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP dan atau 372 KUHP dengan hukuman penjara paling lama empat tahun.


Editor : Zen Teguh