Catat, Pembuang Sampah Sembarangan di Bekasi Bakal Kena Denda Rp50 Juta

Abdullah M Surjaya ยท Rabu, 28 April 2021 - 11:44:00 WIB
 Catat, Pembuang Sampah Sembarangan di Bekasi Bakal Kena Denda Rp50 Juta
Sampah dibuang sembarang. (Foto Antara).

BEKASI, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Bekasi tidak akan menolerir pembuang sampah sembarangan lagi. Bila kedapatan dengan sengaja membuang sampah sembarangan maka akan diberikan denda sebesar Rp50 juta. 

Selain denda, pembuang sampah sembarangan juga akan dijerat dengan sanksi tegas berupa tindak pidana kurungan enam bulan. Keputusan ini setelah banyaknya pembuang sampah sembarangan yang terekam video amatir dan menjadi viral di media sosial.

"Agar tidak terulang dan membuat jera pembuang sampah, sesuai aturan dendanya Rp50 juta," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Peno Suyatno, Rabu (28/4).

Saat ini, kata dia, Dinas Lingkungan Hidup sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) bagi masyarakat tentang pengelolaan sampah dan menjaga kebersihan lingkungan. Surat Edaran itu dikeluarkan, sehubungan dengan maraknya pembuangan sampah rumah tangga dan sampah liar yang ditemukan diberbagai lokasi di Kabupaten Bekasi.

Sehingga mengganggu estetika lingkungan yang menjadi kumuh dan kotor. Untuk itu, aturan ini agar masyarakat lebih taat dan peduli lagi pada lingkungan. 

Atas SE itu, dihimbau kepada masyarakat supaya lebih tertib dalam menjaga kebersihan lingkungan, termasuk berkoordinasi dengan pihak UPTD persampahan yang berada di setiap wilayah masing masing.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2