Cegah Kebakaran Hutan, Polisi Tangkap 69 Tersangka Kasus Karhutla

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 17:14 WIB
Cegah Kebakaran Hutan, Polisi Tangkap 69 Tersangka Kasus Karhutla

Ilustrasi (AFP)

JAKARTA, iNews.id - Kepolisan Republik Indonesia mengungkapkan 69 orang sebagai tersangka kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada priode tahun ini. Data itu dihimpun Polri sejak Januari - Juni 2020.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan pada priode 1 Januari 2020 sampai 21 Juni 2020 terdapat 64 laporan polisi. Detail perincian kasus antara lain 63 kasus pelalu peroraangan dan satu kasus pelaku dari korporasi.

"Berdasarkan data yang dihimpun dari Dittipidter Bareskrim Polri terdapat 64 laporan polisi dengan perincian 63 kasus pelaku perorangan dan satu kasus pelaku korporasi. Kemudian luas area yang terbakar 261,4875 HA," kata Brigjen Awi dalam keterangan tertulis,Kamis (25/6/2020).

Brigjen Awi mengatakan ada puluhan tersangka dalam kasus tersebut. Puluhan tersangka itu dihimpun selama enam bulan penyidikan polisi dikasus tersebut.

"Adapun tersangka sebanyak 69 perorangan, adapun korporasi belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka," kata Awi.

Lebih jauh Awi mengatakan ada puluhan kasus karhutla yang sudah dinyatakan lengkap atau P21. Kasus-kasus tersebut akan segera disidangkan di pengadilan terkait.

"Terdapat satu kasus dalam proses lidik, selanjutnya kasus yang telah disidik ada 23 kasus dengan perincian 14 kasus proses sidik dan sembilan kasus tahap satu," kata Awi.

Selanjutnya dalam penyelesaian perkara, ada 43 kasus dengan perincian dua kasus P21 dan 41 kasus masuk Tahap dua. Tersangka dan barang bukti sudah dilimpahkan ke JPU. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq