Disdik DKI Jakarta Tambah Kuota PPDB, Ini Respon Kemendikbud

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 16:35 WIB
Disdik DKI Jakarta Tambah Kuota PPDB, Ini Respon Kemendikbud

Ilustrasi PPDB (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta menambah kuota tambahan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Kuota tambahan tersebut berupa zonasi RW.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengizinkan Dinas pendidikan untuk menambah kuota PPDB. Sekalipun proses PPDB tengah berlangsung. 

"Boleh, selagi ada alasan yang memungkinkan. Misal di Surabaya penerimaan siswa SMP di satu kelas dari 32 jadi 36 saya perbolehkan," kata Plt. Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen, Hamid Muhammad diskusi di video, Selasa (30/6/2020). 

Bagian relaksasi kebijakan tersebut untuk menerima aspirasi masyarakat. Dia menilai menampung siswa di sekolah negeri merupakan hak memperoleh pembelajaran.

"Tapi jangan penambahan itu malah menutup swasta. Swasta kan tinggi partisipasinya. Itulah solusi yang kita sepakati untuk menambah daya tampung di sekolah negeri, setiap masalah PPDB," katanya.

Di DKI Jakarta, hasil pengumuman PPDB jalur zonasi yang diumumkan oleh Dinas Pendidikan secara akumulatif, calon peserta didik baru atau CPDB jenjang SMP yang diterima di jalur zonasi sebanyak 31.011 siswa. Sedangkan untuk jenjang SMA, diterima sebanyak 12.684 siswa.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq