DPRD Sahkan Tata Tertib Pemilihan Wagub Jakarta, Bakal Ada Fit And Proper Test

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 19 Februari 2020 - 17:11 WIB
DPRD Sahkan Tata Tertib Pemilihan Wagub Jakarta, Bakal Ada Fit And Proper Test

Rapat paripurna DPRD Jakarta digelar Rabu (19/2/2020) untuk mengesahkan tata tertib pemilihan wagub. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - DPRD Jakarta mengesahkan tata tertib pemilihan wakil gubernur (wagub) melalui rapat paripurna yang digelar Rabu (19/2/2020) di Jakarta. Tata Tertib itu terdiri atas 30 pasal.

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. Seluruh peserta rapat paripurna menyetujui tata tertib tersebut. Setelah ini DPRD segera menyerahkannya kepada eksekutif untuk mendapatkan nomenklatur.

Usai rapat, Wakil Ketua DPRD Jakarta, M Taufik menjelaskan tata tertib itu mengatur mekanisme pemilihan wagub melalui sistem voting tertutup. Selain itu, bakal ada fit and proper test atau uji kelayakan dan uji kepatutan bagi dua kandidat yaitu Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis.

"Tata tertib itu mengatur misal panitia pemilihan, syarat, dan tata cara pemilihan," ucap M Taufik.

Taufik mengatakan uji kelayakan akan dilakukan dalam bentuk tanya jawab dan dialog dengan seluruh anggota DPRD peserta paripurna pemilihan. Uji kelayakan akan digelar sebelum voting dalam rapat paripurna tersebut.

"Soal uji kelayakan nanti yang mengatur panitia pemilihan," ujarnya.

Setelah menetapkan tata tertib, DPRD selanjutnya membentuk panitia pemilihan yang beranggotakan sembilan orang dari masing-masing fraksi. Pimpinan DPRD hari ini akan mengirimkan surat ke masing-masing fraksi untuk menyiapkan anggotanya sebagai panitia pemilihan.

"Setelah itu panitia pemilihan akan segera ditetapkan," katanya.

Editor : Rizal Bomantama