Festival of Light di Monas Mulai Besok, Catat Jadwalnya

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 21:07 WIB
Festival of Light di Monas Mulai Besok, Catat Jadwalnya

Pemprov DKI menggelar Festival of Light di Monas sisi selatan dalam rangkaian Monas Week. Pameran akan terbuka untuk umum mulai Kamis (15/8/2019) besok malam. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta menggelar pameran seni dan budaya yang menampilkan sejarah dalam tampilan teknologi modern berupa pameran lampu bertajuk Festival of Light. Pameran berlangsung di kawasan Monumen Nasional (Monas) sisi selatan.

Festival of Light merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Monas Week pada 15-23 Agustus 2019. Festival ini mulai dibuka untuk umum pada Kamis (15/8/2019) besok.

Kendati demikian, pameran lampu ini telah menyedot animo. Pantauan iNews.id, Kamis malam ini, pengunjung Monas melakukan swafoto (selfie) bersama kerabat atau temannya dengan latar lampu-lampu.

Lampu tentang Pangeran Jayakarta, perahu Majapahit, tanaman lampu dengan tema Merah Putih, hingga miniatur tempat pembacaan proklamasi menjadi tempat incaran warga untuk ber-selfie.

Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi Sutanto Suhodo mengatakan, festival lampu ini untuk menyemarakan perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2019.

Dia berharap masyarakat yang hadir di kawasan Monas pada malam hari tidak sekadar menikmati suasana, namun juga belajar mengenal sejarah berdirinya Indonesia.

Sutanto juga berharap festival lampu ini mampu mendongkrak wisatawan ke kawasan Monas pada malam hari.

"Mudah mudahan dengan ini lebih banyak lagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang ke sini. Tidak hanya siang, tapi juga di malam hari," kata Sutanto.

BACA JUGA: Pemprov DKI Luncurkan Pameran Hologram di Monas Week

Plt Unit Pelaksana Teknis (UPT) Monas Mundjirin mengatakan, festival lampu ini akan ditempatkan di Monas sisi selatan. Area yang digunakan mencapai 8 hektare. Nantinya berbagai macam bentuk dan desain lampu akan ditempatkan di sana.

Dia menyebut sehabis pukul 18.30 WIB lampu-lampu akan menyala dan siap menyambut warga yang datang ke kawasan Monas.

"Tanggal 15 besok sampai 23 Agustus dari 18.30 WIB. Kemudian 25 menit setelahnya break. Setelah itu 25 menit lagi menyala sampai 21.55 WIB," tuturnya

Dia memastikan festival lampu ini terbuka untuk umum serta tidak dipungut biaya. Pameran dilaksanakan tiap hari, kecuali Senin. Festival ini dimeriahkan dengan jadwal permainan lampu laser diiringi musik.

Berikut jadwal festival of light:
Pertunjukan 1: 18.30 - 18.55 WIB.
Pertunjukan 2: 20.00 - 20.25 WIB.
Pertunjukan 3: 21.00 - 21.25 WIB.


Editor : Zen Teguh