Fraksi PAN DPRD Ngotot Pemilihan Wagub Jakarta Digelar di Tengah Pandemi Corona

Bima Setiyadi, Sindonews ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 16:55 WIB
Fraksi PAN DPRD Ngotot Pemilihan Wagub Jakarta Digelar di Tengah Pandemi Corona

Rapat paripurna DPRD Jakarta digelar Rabu (19/2/2020) untuk mengesahkan tata tertib pemilihan wagub. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Jakarta meminta pemilihan wakil gubernur (wagub) Jakarta tetap digelar di tengah pandemi virus corona. Wakil Ketua DPRD Jakarta dari Fraksi PAN, Zita Anjani mengatakan pemilihan wagub merupakan tugas negara.

Putri Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan itu mengatakan pemilihan wagub Jakarta dihadapkan pada dilema di tengah kondisi darurat menghadapi virus corona. Namun menurutnya pelaksanaan pemilihan lebih cepat lebih baik. Apalagi Gubernur Jakarta Anies Baswedan disebut Zita membutuhkan bantuan wakil gubernur.

"Siapapun berisiko (terpapar corona), prinsip saya pemerintahan harus jalan. Pak Gubernur butuh wakil apalagi dalam kondisi saat ini," kata Zita melalui pesan singkat, Kamis (26/3/2020).

Dia menegaskan pemilihan wagub bukan pesta pernikahan atau konser musik yang diimbau Pemprov Jakarta untuk ditunda. Zita mengatakan jika pemilihan jadi digelar akan menerapkan protokol kesehatan.

"PAN kompak mendukung proses ini diadakan secepat-cepatnya. Kalau pada akhirnya harus memilih, buat apa ditunda-tunda," ucapnya.

Sebelumnya DPRD Jakarta menunda rapat paripurna pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta yang sedianya digelar pada hari ini, Senin (23/3/2020). Penundaan tersebut dilakukan dalam rangka mengantisipasi agar virus Corona atau Covid-19 di Ibukota tidak semakin meluas.

"Iya, saya putuskan ditunda sementara. Karena melihat situasi yang tidak memungkinkan karena virus Corona ini ya," kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, kepada wartawan.

Politikus PDI-Perjuangan itu belum mengetahui sampai kapan penundaan pemilihan Wagub DKI ini dilakukan. Akan tetapi, kata dia, sampai situasi dan kondisi kembali membaik di Ibukota.

"Yang pasti penundaan ini merupakan langkah mitigasi kami di DPRD DKI Jakarta," ujarnya.

Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur DKI Jakarta memutuskan untuk membawa dua Cawagub DKI Jakarta dalam hal ini Ahmad Riza Patria dari Fraksi Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari Fraksi PKS ke sidang paripurna DPRD DKI Jakarta yang direncanakan digelar pada Hari Senin (23/3) yang akan datang.

Ketua Panlih Wagub DKI, Fidinansyah Farazandi menyampaikan bahwa keputusan itu didapat dari hasil rapat pleno timnya setelah menyelesaikan seluruh rangkaian dari mulai proses verifikasi berkas administrasi sampai menyelesaikan wawancara kepada kedua calon.

"Kami telah menetapkan kedua calon wakil gubernur yang pertama Bapak Nurmansjah Lubis dan Bapak Ahmad Riza Patria telah lulus dan kami tetapkan sebagai calon wakil gubernur," kata Fidinansyah, dalam jumpa persnya, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Editor : Rizal Bomantama