Gerindra Akan Umumkan Satu Nama Cawagub DKI Hari Ini, PKS Pertimbangkan Dua Opsi

Riezky Maulana ยท Minggu, 29 Desember 2019 - 13:56 WIB
Gerindra Akan Umumkan Satu Nama Cawagub DKI Hari Ini, PKS Pertimbangkan Dua Opsi

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman. (Foto: iNews.id/Rizki Maulana)

JAKARTA, Inews.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan tak akan terburu-buru mengumumkan satu nama calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta. Kepastian itu terkait langkah Partai Gerindra yang akan mengumumkan calonnya hari ini.

Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, partainya memiliki dua opsi sebelum mengumumkan satu nama cawagub DKI. Pertama, PKS tetap mencalonkan dua kadernya, dengan risiko nama-nama yang disodorkan kembali tak diproses DPRD DKI Jakarta.

"Peluangnya apakah PKS tetap mencalonkan dua kader. Tetapi risikonya seperti yang kemarin, tidak diproses oleh DPRD," katanya usai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (29/12/2019).

BACA JUGA:

Hari Ini Gerindra Bakal Umumkan Cawagub DKI

Gerindra dan PKS Sepakati Satu Nama Cawagub DKI dari Masing-Masing Partai

Pilihan kedua, Sohibul menuturkan, PKS akan rela menyodorkan satu nama saja dan kader tersebut akan digabungkan dengan calon dari Partai Gerindra. "Atau mencabut salah satu kader kita, kemudian kita masukan kader lainnya yang diajukan oleh partai lain untuk diajukan bersama kader PKS. Nah, ini yang sedang diproses," tuturnya.

Mengenai syarat jika PKS mencalonkan dari partai lain, Shohibul menjelaskan, yang terpenting adalah integritas dan kapabilitas yang dimiliki calon tersebut. "Memiliki integritas dan kapabilitas. Dari dulu untuk jabatan publik PKS terbuka baik dari kader atau luar kader. Tentunya mereka harus rela berjuang untuk kepentingan besar masyarakat," katanya.

Sohibul menambahkan, PKS berharap pemilihan cawagub DKI dapat berjalan cepat. Namun, PKS tidak mematok kapan tenggat waktu karena semuanya tergantung proses di DPRD.

"Secepatnya lebih bagus. Sekarang kan masih pada libur mau disodorkan juga pasti tidak akan diproses kan?" ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Syarif mengungkapkan partainya akan mengumumkan satu nama cawagub DKI Jakarta pada hari ini di sela acara Dialog, Sarasehan dan Pendidikan Politik Kader Gerindra DKI yang digelar di Wisma Garuda, Jalan SD Lama Nomor 2, RT 04/01 Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur.

Dia mengatakan, yang akan mengumumkan siapa cawagub dari Partai Gerindra adalah orang yang dicalonkan. "Update terbaru saja bukan pengumuman calon. Info terbaru nanti disampaikan langsung oleh cawagub," katanya saat dihubungi iNews.id, Minggu.


Editor : Djibril Muhammad