Habib Rizieq Enggan Beritahu Hasil Tes Swab, Bima Arya Tak Segan Tempuh Jalur Hukum

Okezone, Putra Ramadhani Astyawan ยท Sabtu, 28 November 2020 - 20:42:00 WIB
Habib Rizieq Enggan Beritahu Hasil Tes Swab, Bima Arya Tak Segan Tempuh Jalur Hukum
Wali Kota Bogor Bima Arya menegaskan tak segan menempuh jalur hukum menanggapi keengganan Habib Rizieq menyampaikan hasil tes swab. (Foto: Okezone/Putra Ramadhani)

BOGOR, iNews.id - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab mengirim surat kepada Wali Kota Bogor, Bima Arya, Sabtu (28/11/2020) terkait hasil tes swab. Menurut Bima, surat tersebut berisi pesan Habib Rizieq enggan hasil tes swabnya diketahui siapapun termasuk Pemkot Bogor.

Diketahui Pemkot Bogor terus mendesak Habib Rizieq melaksanakan tes swab untuk mencegah penularan covid-19. Habib Rizieq mengaku sudah melakukan tes swab namun tidak mau menyampaikan hasil tes swab ke publik.

"Saya menerima surat pernyataan yang ditandatangani Habib Rizieq di mana yang bersangkutan tidak mengizinkan hasilnya (swab tes) untuk diketahui oleh Pemkot," kata Bima di kediaman pribadinya di daerah Bogor Timur, Jawa Barat, Sabtu (28/11/2020).

Menurutnya hal tersebut menyalahi kesepakatan antara Pemkot Bogor dan keluarga Habib Rizieq yang menyatakan hasil tes swab akan dikoordinasikan bersama. Kesepakatan itu ternyata bertepuk sebelah tangan.

"Kami menunggu hasil dari laboratoritum yang melakukan PCR test terhdap Habib Rizieq seperti yang disepakati dengan keluarga tadi malam. Jadi pihak keluarga, pihak RS menyepakati hasil PCR akan dikordinasikan bersama Pemkot dan harus disepakati lembaganya itu valid, terverifikasi dan tersertifikasi," katanya.

Oleh karena itu, Pemkot Bogor akan mengambil langkah-langkah tegas sesuai kewenangan terkait permasalahan ini. Bima mengatakan tak akan segan menempuh jalur hukum untuk menegakkan aturan protokol kesehatan di wilayah Bogor.

"Langkah-langkah kita tentunya harus sesuai dengan aturan dan hukum. Spiritnya itu memastikan penanganan covid-19 berjalan maksimal di wilayah Kota Bogor. Kita akan melangkah sesuai dengan kewenangan kita dan selanjutnya tentunya kita akan masuk ke wilayah hukum juga," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2