Hari Kedua, 149 Pengendara Terobos Jalur Sepeda Ditilang

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 27 November 2019 - 10:46 WIB
Hari Kedua, 149 Pengendara Terobos Jalur Sepeda Ditilang

Sebanyak 149 pengendara kendaraan bermotor ditilang karena melanggar jalur sepeda di Jakarta pada hari kedua penindakan, Selasa (26/11/2019) kemarin. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id – Jumlah penerobos jalur sepeda di Ibu Kota Jakarta meningkat. Pada hari kedua penindakan, Selasa (26/11/2019) sebanyak 149 pengendara kendaraan bermotor ditilang.

Jumlah pelanggar ini meningkat dibandingkan hari pertama, Senin (25/11/2019) sebanyak 66 pengendara. Dari 149 pengendara yang melanggar pada hari kedua merupakan kendaraan bermotor roda empat dan dua.

"Jumlah sepeda motor mendominasi pelanggaran yakni 146, mobil dua dan bajaj sebanyak satu," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, Rabu (27/11/2019).

Dia menjelaskan, pelanggaran pada hari pertama banyak terjadi di Jalan Medan Merdeka Selatan. Adapun pada hari kedua terjadi dj Jalan Pramuka. Sanksi tilang terhadap para pengendara motor yang melintas di jalur sepeda mulai berlaku, Senin (25/11/2019). Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bekerja sama dengan polisi untuk menindak para pelanggar tersebut.

Dasar hukum penilangan terhadap para pelanggar adalah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Pemprov DKI Jakarta membagi membuat jalur sepeda dengan tiga fase. Fase pertama yakni meliputi Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Proklamasi, Jalan Pramuka dan Jalan Pemuda.

Fase dua yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, dan Jalan RS Fatmawati Raya. Sedangkan Fase tiga dari Jalan Tomang Raya, Jalan Cideng Timur, Jalan Kebon Sirih, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat, dan Jalan Jatinegara Timur.

Dengan banyaknya jumlah pengendara yang menerobos, polisi mengimbau pengendara untuk tertib dalam berlalu lintas.


Editor : Zen Teguh