Heboh Warga Jakarta Bogor Dengar Dentuman Malam Hari

Muhammad Fida Ul Haq ยท Sabtu, 11 April 2020 - 07:04 WIB
Heboh Warga Jakarta Bogor Dengar Dentuman Malam Hari

Erupsi Krakatau (Dok PVMBG)

JAKARTA, iNews.id - Sebagian warga mendengar suara dentuman keras. Ada yang menduga suara tersebut berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau sejak malam hingga dini hari, Sabtu (11/4/2020).

Namun hal itu sudah dibantah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) Badan Geologi Kementerian ESDM. Meski demikian, sebagian warga net masih menyambungkan suara itu dengan erupsi.

"Kebayoran lama lumayan jelas. Gokil sih merinding," tulis akun @WaliyudinArief, Sabtu (11/4/2020).

Sementara itu, warga yang tinggal di Depok juga mendengar dengan jelas suara dentuman itu. Tanah di sekitar Depok disebut ikut bergetar.

"Depok belakang UI kerasa banget, Nggak boong sampe tadi tanah kaya ikutan getar," tulis akun @silvialatifahp.

Selain itu, warga yang berasal dari Bekasi juga mendengar suara tersebut. "Gue di Bekasi denger asli dah.fyi bekasi timur," tulis akun Aaryasap.

Kemudian, Iman, warga Cibinong, Bogor menuturkan, bunyi dentuman terdengar jelas hingga membuat kaca-kaca di rumahnya bergetar. "Terasa sekali getaran di kaca rumah," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala PVBMG Kasbani mengatakan dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Pasauran Banten saja tidak terdengar suara dentuman. "Kalau dari pos saja tidak terdengar, apalagi dari Jakarta," kata Kasbani, Sabtu (11/4/2020).

Saat ini, lanjut dia, Gunung Anak Krakatau masih terjadi erupsi strombolian secara terus-menerus dengan ketinggian kurang lebih mencapai 500 meter di atas permukaan laut.

"Masih erupsi strombolian," ujarnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq